Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Sudah Disanksi RS, Suster Sempat Klaim Hanya Gelang Bayi yang Tertukar

Agustus 15, 2023 Last Updated 2023-08-15T11:46:37Z


 

Pihak Rumah Sakit (RS) Sentosa Bogor mengungkap perawat yang menangani bayi dari Siti Mauliah menyebut hanya gelang penanda bayi yang tertukar. Hal itu diungkapkan perawat kepada Siti Mauliah sebelum pulang usai jalani perawatan setelah melahirkan.


"Jadi ini kan ada obrolan antara mereka (perawat dan Siti) di dalam ruangan. Obrolan di ruangan itu, Ibu Siti kan tanya soal gelang, kalau nggak salah, nah soal ini mereka (perawat) bilang ini hanya tertukar gelangnya. Nah Ibu Siti dapat jawaban itu kan tenang, lalu pulang. Nah informasinya kan yang saya dapat seperti itu," kata legal RS Sentosa Bogor Gregg Djako ketika dihubungi detikcom, Selasa (15/8/2023).


Namun Gregg mengaku masih mendalami siapa perawat yang menyatakan hanya gelang penanda bayi yang tertukar. Gregg mengaku belum mengetahui secara pasti kronologis bagaimana bayi dari Siti Mauliah tertukar.


"Yang menyatakan bahwa hanya gelang yang tertukar (bayi tidak tertukar) itu susternya, cuma saya ngga tahu yang mana susternya. Kan ada beberapa suster tuh. Saya ngga tahu suster yang mana, karena mereka sepertinya agak bungkam, mungkin karena takut ya," kata Gregg.


"Makanya kami ini merasa kesulitan untuk mengungkapkan dan kemudian melakukan langkah-langkah," tambahnya.


Gregg menyebut pihak RS Sentosa mendukung langkah Siti Mauliah yang melaporkan kejadian tersebut ke pihak kepolisian. Ia berharap kasus bayi tertukar jadi terang benderang.


"Lalu kemudian Ibu B menolak melakukan tes DNA, dan Ibu Siti mengambil langkah lapor polisi, kami justru mengiyakan, silakan. Karena supaya terbuka saja," ucapnya.


Kasus Bayi Tertukar di Bogor

Diberitakan sebelumnya, kasus dugaan bayi tertukar di Kabupaten Bogor masih diselidiki polisi. Sedangkan suster yang menangani bayi tertukar sudah diberi sanksi oleh pihak rumah sakit.


"(Perawat) Sudah diperiksa (oleh pihak RS). Setahu saya sanksinya SP-1 dan akan dilanjutkan dengan sanksi lain, sambil menunggu perkembangan kasus di kepolisian," kata tim legal RS Sentosa Bogor Gregg Djako.


Gregg menyebut pihak RS saat ini masih mendalami informasi dari perawat yang menangani bayi dari Siti Mauliyah yang diduga tertukar dengan bayi Ibu B. Ia mengaku belum mengetahui secara pasti bagaimana proses bayi tersebut tertukar.


"Itu yang sampai saat ini belum jelas, kami sedang dalami internal (bagaimana proses bayi tertukar)," ucap Gregg.


"Kami sedang mendalami peran mereka (perawat) termasuk dalam peristiwa ini," tambahnya.[SB]

×