Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Rocky Gerung Bukan Hina Jokowi tapi Sebar Hoaks, Pengamat: Dari Istana Lama Berseliweran Berita Bohong

Agustus 07, 2023 Last Updated 2023-08-07T04:28:54Z


 

Pengamat kebijakan publik Gigin Praginanto menyoroti kabar berita bohong atau hoaks tentang pemerintahan Presiden Joko Widodo yang disebarkan oleh Rocky Gerung.

 

Mulanya Gigin menduga Istana telah lama memberikan berita bohong kepada publik, seperti terlihat dalam postingan di akun Twitternya.

 

"Dari istana sudah lama berseliweran berita bohong," kata Gigin di cuitannya, seperti dikutip Liberte Suara, Senin (7/8/2023).

 

Gigin menduga, berita mengenai mobil karya anak bangsa, Esemka, adalah kabar yang diproduksi oleh pihak Istana.

 

Selain itu, lanjut Gigin, informasi utang negara hingga kebijakan impor pangan adalah dua di antaranya. Lebih lanjut ia memperkirakan masih ada hoaks yang diproduksi pihak Istana.

 

"Dari mobil Esemka, tidak utang dan stop impor pangan dan masih banyak lagi," jelasnya, di postingannya itu.

 

Untuk diketahui, Gigin mengomentari Rocky Gerung yang dilaporkan ke pihak kepolisian. Sebagai respons, Bareskrim Polri menerangkan pihaknya mendalami laporan terkait kasus dugaan penyebaran hoaks akademisi itu.

 

Hal ini diungkap oleh Direktorat Tindak Pidana Umum (Dirtipidum) Bareskrim Polri Brigjen Djuhandhani Rahardjo Puro.

 

“Yang dilaporkan adalah terkait dengan menyebarkan berita bohong, kemudian di mana termaksud dalam pasal 14 dan 15 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 46. Jadi ini yang dilaporkan,” kata Djuhandhani dikutip dari Kompas.com pada Sabtu (5/8/2023).

 

Djuhandhani menjelaskan pihaknya tidak mendalami soal dugaan pencemaran nama baik yang diduga dilakukan Rocky Gerung terhadap Jokowi.[SB]

×