Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Gus Miftah Sebut Tak Suka Istri Berpenghasilan, Netizen: Budaya Patriarki yang Meresahkan

Agustus 22, 2023 Last Updated 2023-08-22T08:20:24Z



Pendakwah Gus Miftah baru-baru ini menuai kontroversi lantaran mengatakan bahwa istri yang memiliki penghasilan cenderung kurang ajar terhadap suami


Dalam video yang beredar di media sosial, Gus Miftah mulanya menjawab pertanyaan saat kajian soal seorang istri yang boleh atau tidak bekerja.


Gus Miftah mengatakan sah-sah saja bagi seorang istri yang bekerja. Namun kata Gus Miftah, dirinya melarang sang istri untuk bekerja.


"Perempuan boleh bekerja nggak Gus?', silakan. Tapi kalo saya, untuk istri saya, jangan," ujar Gus Miftah menjawab pertanyaan saat mengisi kajian, dikutip Mamagini.Suara.com dari akun Instagram @lambegosiip, Selasa (22/8/2023).


Gus Miftah lalu menjelaskan bahwa menurutnya perempuan yang diberikan nafkah setiap hari masih saja berani kepada suami. Apalagi kata dia jika seorang istri mempunyai penghasilan sendiri.


"Karena saya mikir begini, Pak, istri itu dinafkahi tiap hari saja masih berani sama suami, apalagi punya penghasilan sendiri..wah," kata dka.


Unggahan video ceramah Gus Miftah tersebut langsung dibanjiri berbagai komentar netizen yang tak setuju dengan pernyataan Gus Miftah. Pasalnya kata netizen tak semua perempuan berani dengan suami meski sudah dinafkahi.


Bahkan ada yang menyebut pernyataan Gus Miftah sangat menganut budaya patriarki.


"Budaya patriarki yang meresahkan, perempuan kalau berilmu dia pasti bisa nempatin posisi di rumah tangga walaupun punya penghasilan sendiri. Laki laki emang sebagai imam tapi bukan berati lebih istimewa dari istri, semua dalam posisi sama,mitra hidup yang punya hak dan kewajiban yang sama," ucap akun @jus*****.


"Suami juga merasa ngasih nafkah suka semena mena," kata akun @poe*****.


"Nggak gitu konsepnya pak tergantung setiap istri jangan disamaratakan," kata akun @del****.


"Patriarki sih,"@_mel****.


"Jauh jauh dari ulama patriarki modelan Gus Miftah ini amit-amit," kata akun @sak****.


"Mosok? terlalu mendiskreditkan wanita," kata netizen.


"Ga semua perempuan kurang ajar lho. ini sama saja gus miftah menyamaratakan semua cewek itu kurang ajar," papar netizen.[SB]

×