Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Bayi Lumba-lumba Mati usai Digendong Manusia demi Konten Instagram

Agustus 26, 2023 Last Updated 2023-08-26T07:44:48Z


 

Seekor bayi lumba-lumba mati setelah dikeluarkan dari air dan digendong oleh seorang remaja pria buat foto di Instagram.

 

Peristiwa bermula ketika pemuda berusia 19 tahun yang identitasnya tidak disebutkan memposting konten gambar di Instagram, memperlihatkan dirinya sedang menggendong bayi lumba-lumba beberapa meter dari bibir pantai dekat Jacksonville, Florida, AS.

 

Foto tersebut memantik kemarahan banyak orang dan menarik perhatian penegak hukum setempat. Bukan tanpa alasan, mamalia laut yang ada di postingan itu diduga mati.

 

Menurut ahli biologi kelautan, sulit untuk menentukan apakah bayi lumba-lumba itu masih hidup atau sudah mati ketika foto diambil dengan hanya melihat gambar. Namun media lokal, News4Jax, melaporkan seekor anak lumba-lumba jantan berusia satu tahun ditemukan mati di area yang sama tempat foto diambil.

 

Sementara itu, peneliti yang tergabung dalam Program Penelitian Lumba-lumba dari University of North Florida, Dr. Quincy Gibson, mengatakan hasil penyelidikan Florida Fish and Wildlife Conservation Commission (FWC) meyakini anak lumba-lumba yang mati adalah hewan sama yang terlihat di foto.

 

Lumba-lumba di foto tampak sama karena kemiripan sirip punggungnya. Jadi, sirip punggung lumba-lumba memiliki ciri yang unik.

 

“Saya pikir kemungkinan besar dia mati setelah digendong. Sangat kecil kemungkinan lumba-lumba itu sudah mati ketika diangkat dari air jika kita melihat dari foto, cara mengambil, dan tingkah laku orang-orang dalam foto."

 

- Dr. Quincy Gibson, Peneliti Program Penelitian Lumba-lumba dari University of North Florida

 

“Dengan begitu, mungkin mereka memang telah menangkapnya, dan foto tersebut menunjukkan bahwa kemungkinan besar lumba-lumba memang masih hidup saat di foto,” tambahnya.

 

Dalam penyelidikan kepolisian, tersangka berdalih lumba-lumba yang dia gendong memang sudah dalam keadaan mati. Namun, berdasarkan Undang-Undang Perlindungan Mamalia Marina Federal, menggendong, membawa, atau mengganggu lumba-lumba liar yang masih hidup atau sudah mati termasuk melanggar hukum.

 

Para ahli mengatakan bahwa mengeluarkan lumba-lumba dari air dapat menyebabkan cedera fatal, membuat lumba-lumba merasa terhimpit beban tubuhnya sendiri dan ini bisa membuat mereka mati.

Adapun remaja yang ada di foto, menurut laporan CBS News, saat ini belum dituntut pidana.[SB]

×