Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Anies: Negara Tak Dirancang untuk Berdagang dengan Rakyatnya

Agustus 24, 2023 Last Updated 2023-08-24T13:50:47Z


Bakal calon presiden Anies Baswedan menyatakan negara tidak boleh berdagang atau berbisnis dengan rakyatnya.

 

Negara, tegas Anies, tidak boleh memposisikan rakyat sebagai konsumen.

 

"Negara itu tak dirancang untuk bertransaksi dengan rakyatnya, negara tak dirancang untuk itu. Karena itu Negara jangan berdagang dengan rakyatnya. Kalau negara memandang rakyatnya sebagai konsumen rusak semua urusan," ucapnya dalam acara 'Anies Baswedan Bicara Kebudayaan' di Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Kamis (24/8).

 

Anies menegaskan pemerintah tak boleh bicara soal untung dan rugi dengan rakyat. Pemerintah harus bicara manfaat yang bisa dirasakan masyarakat dari suatu kebijakan.

 

"Ketika kita investasi di kesehatan, pendidikan, kebudayaan, enggak boleh kita bicara ongkosnya terlalu mahal. Bukan," kata Anies.

 

Dia mengatakan prinsip itu perlu diterapkan di sektor kebudayaan. Baginya, Indonesia harus mau berinvestasi di bidang kebudayaan.

 

Ia memberi contoh pembangunan Taman Ismail Marzuki (TIM) yang diselesaikan ketika dirinya masih menjabat sebagai Gubernur DKI periode 2017-2022.

 

Dia mengatakan proyek revitalisasi TIM yang dilakukan BUMD DKI itu supaya tak didorong untuk sekadar mencari keuntungan.

 

"Jakarta dan Indonesia harus mau investasi di bidang kebudayaan. dan TIM ini tak boleh jadi tempat cari keuntungan dan jadi tempat pengembangan kebudayaan," kata dia.

 

"Jangan sekali lagi, jangan pandang return-nya itu dalam bentuk pendapatan rupiah, bukan. Dalam jangka panjang itu bisa terjadi, tapi dalam jangka pendek jangan harap," sambung eks Mendikbud tersebut.[SB]

×