Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Survei Elektabilitas Kalah dari Prabowo dan Ganjar, Anies: Angka Sesungguhnya Itu 14 Februari Bukan Sekarang

Juli 31, 2023 Last Updated 2023-07-31T00:31:31Z


 

Bakal calon presiden Anies Baswedan mengatakan tak mau ambil pusing soal elektabilitasnya kerap kalah dari Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo dalam berbagai hasil survei capres 2024.

 

Menurut Anies, apa yang menjadi hasil survei menunjukan elektabilitasnya di hari ini. Namun, yang paling penting adalah hasil perolehan suara saat pemungutan suara Februari 2024 mendatang.

 

"Kami optimis dan kami juga cukup senang dengan apa yang kita lihat sekarang. Karena angka yang sesungguhnya yang kita butuhkan itu di bulan Februari, bukan sekarang," ujar Anies dalam video yang diunggah Channel YouTube Karni Ilyas Club, dikutip Minggu (30/7/2023).

 

Lebih lanjut, ia mengaku cukup puas dengan peringkat tiga dalam hasil survei. Sebab, ia bersama koalisi belum menggunakan sumber daya besar untuk mendulang elektabilitas.

 

"Kenapa kami merasa bersyukur? dengan sumber daya yang kita miliki amat-amat sedikit. Dengan apa yang kita kerjakan secara logistik sangat sedikit," ucapnya.

 

Ia menyebut selama ini justru lebih banyak relawan yang bergerak untuk menggaungkan namanya di berbagai daerah. Bahkan, mereka juga disebutnya menggunakan pendanaan sendiri.

 

Hasil survei juga kerap kali menunjukkan angka yang terpaut tidak terlalu jauh antara peringkat satu sampai tiga yang masih merupakan angka margin of error.

 

"Dengan itu saja kita mendapatkan selisih dua margin of error. Jadi kalau kita lihat yang sering umumnya, ya setiap survei beda-beda, tapi kita lihat nomor satu dan nomor 2 selisihnya 1 margin of error," tuturnya.

 

 

Karena itu, ia meyakini begitu sudah menjadi Capres secara resmi dan menggunakan sumber daya yang lebih besar, maka elektabilitasnya akan lebih melonjak dari hari ini.

"Survei itu mempengaruhi opini, opini publik hari ini. Tetapi dia tidak membentuk kenyataan di bulan Februari besok," kata Anies.

 

"Tapi kampanye sesungguhnya yang nanti dilakukan mulai Oktober sampai dengan Februari, itu nanti yang akan berdampak," pungkasnya.[sb]

×