BataraNews.com– Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjamin harga pangan tidak akan melonjak jelang Natal 2019 dan Tahun Baru 2020. Dia mengaku sudah menyiapkan suplai yang akan memuaskan permintaan pasar.

Suplai Merata, Anies Jamin Harga Pangan Stabil Jelang Natal dan Tahun Baru.

“Alhamdulillah, pasokan kota terjamin dan kita membagi pendekatan menjadi dua. Pertama, menyiapkan suplai yang dikerjakan BUMD, dan Kedua kita memiliki dinas yang bertanggung jawab mengantisipasi kebutuhan, mendeteksi dimana saja dan apa saja kebutuhan itu. Ini sudah kita jalankan dua tahun terakhir,” ujar Anies di kawasan Setiabudi, Jakarta Selatan, Minggu (8/12/2019).

Melalui pendekatan tersebut, kata Anies, ada pembagian tugas yang terstruktur. Sehingga pasokan bahan pangan di seluruh pasar yang ada di Jakarta dapat terpenuhi. Warga yang membutuhkan juga dapat dengan mudah menemukan bahan pangan di pusat perbelanjaan terdekat.

Mantan menteri pendidikan dan kebudayaan itu mengatakan, Pemprov DKI melakukan dua langkah untuk memastikan ketersediaan pangan di hari-hari besar sehingga tidak kekurangan stok.

Pertama, melalui penyediaan stok-stok pangan yang dilakukan langsung oleh tiga Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta, yaitu PD Pasar Jaya, Sarana Jaya dan Cipinang Food Station sehingga pemerintah dapat mengontrol secara langsung kebutuhan pangan masyarakat menjelang libur Natal dan tahun baru.

Kedua, meminta SKPD terkait, yaitu Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian Provinsi DKI Jakarta untuk memetakan wilayah-wilayah yang memiliki permintaan khusus untuk jenis pangan-pangan khusus.

“Ini sudah kita jalankan dua tahun terakhir, dengan cara seperti itu maka pembagian tugasnya jelas. SKPD fokus ke demand, yang BUMD fokus suplai, dengan cara seperti itu waktu bulan Ramadan lalu kita lancar tanpa ada lonjakan harga. Begitu juga Natal dan tahun baru, Insyaallah tahun ini juga pasokan aman,” kata Anies.

Menurut Anies, lonjakan harga bahan pangan di masa lalu terjadi karena ketiadaan suplai yang merata di setiap wilayah. Sehingga mengakibatkan harga kebutuhan pokok meroket drastis tanpa bisa dicegah.

Terkait operasi pasar secara khusus, Anies mengatakan belum merencanakan untuk melakukan blusukan ke pasar-pasar untuk memantau pergerakan harga pangan jelang Natal dan tahun baru. [h&y]