Erick Thohir Akan Memberantas Anak Cucu Usaha BUMN Yang Tak Jelas Pembentukannya

Spread the love

BataraNews.com – Menteri Badan Usaha Milik Negara ( BUMN) Erick Thohir mengaku akan menghapus anak cucu perusahaan pelat merah yang tak jelas pembentukannya. Pasalnya saat ini sudah terlalu banyak anak hingga cucu perusahaan negara.

Namun Erick tidak akan menyetop semua anak dan cucu BUMN. Jika alasannya jelas maka tidak akan disetop.

“Saya tidak akan setop mereka buat anak perusahaan tapi kalau alasannya tidak jelas harus saya setop,” kata dia dalam rapat kerja dengan Komisi VI di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (2/12/2019).

Erick menegaskan, dirinya akan membuat aturan soal pembentukan anak usaha perusahaan BUMN. Dengan adanya aturan tersebut diharapkan para perusahaan plat merah tak asal dalam membentuk anak usahanya.

“Karena itu, kita juga akan keluarkan Permen (peraturan menteri) yang tidak lain pembentukan anak perusahaan atau cucu-cucu perusahaan harus ada alasannya,” kata mantan Ketua INASGOC itu.

Erick menambahkan, tidak menutup kemungkinan bagi pemerintah untuk menghapus anak perusahaan BUMN yang tak jelas pembentukannya. Apalagi membuat BUMN jadi merugi.

“Bisa saja dengan jumlah BUMN 142 unit ditambah jumlah anak cucunya ,saya rasa lebih baik mana. Lebih baik kita lebih kecil, lebih sehat tapi lebih cepat,” ujar dia.

Meski begitu, ia menilai tidak semua anak perusahaan BUMN memiliki kinerja yang buruk. Ia mencontohkan, PT Telkomsel yang memiliki kinerja yang baik. [h&y]