Kunjungi Pekalongan, Wamendes Soroti Pemanfaatan Dana Desa

Spread the love

BataraNews.com. Pekalongan – Kunjungan kerja Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Budi Arie Setiadi ke desa-desa yang dimulai sejak Selasa (5/11) dari Kabupaten Lebak dan kemudian ke Kabupaten Majalengka, kini telah berada diwilayah Kabupaten Pekalongan pada Kamis (7/11).

Dalam kunjungan ke Desa-desa di Kabupaten Pekalongan tersebut diantaranya adalah Desa Mulyorejo Kecamatan Tirto, Desa Wiroditan Kecamatan Bojong dan Desa Kedungjaran Kecamatan Sragi.

Pada setiap desa di Kabupaten Pekalongan yang dikunjungi, Wamen menyampaikan bahwa pemanfaatan dana desa kedepan bagi desa-desa yang infrastrukturnya sudah terbangun diharapkan dapat berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat desa, yang akhirnya dapat menekan angka urbanisasi.

Wamen Budi Arie menjelaskan bahwa dana desa dalam pelaksanaannya harus melibatkan partisipasi seluruh lapisan masyarakat secara transparan dengan melakukan pembangunan sesuai kebutuhan masyarakat melalui musyawarah desa.

Ia juga mengingatkan pentingnya dalam penanganan stunting lintas sektor untuk mewujudkan Sumber Daya Manusia yang unggul, salah satunya adalah meningkatkan kualitas sanitasi dan air bersih, pengetahuan bagi orangtua tentang kesehatan janin dan anak pada 1000 hari kelahiran. Dana desa dapat dimanfaatkan dalam pencegahan stunting.

“Pak Presiden sudah menyampaikan kepada kami semua bahwa untuk desa-desa yang infrastrukturnya sudah selesai diharapkan bisa didorong untuk menggunakan dana desanya bagi pertumbuhan ekonomi desa. Jadi, dana desa dapat dimanfaatkan dalam pencegahan stunting,”ujarnya.

Wamen Budi Arie menambahkan, bahwa dalam kunjungan meninjau beberapa daerah, dirinya melihat bahwa dana desa secara umum telah memberi manfaat bagi masyarakat desa dan bagi kemajuan desa.

“Jadi, jika masih terdapat persoalan, maka harus kita benahi bersama. Temukan solusinya agar pembangunan didesa berjalan dengan baik,” katanya.

Dalam kunjungan kerjanya, Wamendes PDTT didampingi oleh Wakil Bupati Pekalongan Arini Harimurti dan Direktur Pendayagunaan SDA dan TTG Leroy Semy Uguy.