Ranking Kerugian Negara Terbanyak Tahun 2016 adalah KemenPAN RB

Spread the love

BataraNews.com- Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Republik Indonesia, pada tahun 2016 untuk sementara tercatat sebagai yang terbanyak dalam kerugian negara.

Kementerian ini mempunyai tugas menyelenggarakan urusan di bidang pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi dalam pemerintahan. Yaitu untuk membantu Presiden dalam menyelenggarakan pemerintahan negara. Namun, dalam pelaksanaan pengelolaan anggaran, ternyata kementerian ini dinilai begitu buruk.

Dari laporan yang diperoleh Tim Investigator KA, pada tahun 2016 di KemenPAN-RB telah tercatat sebanyak tujuh kerugian negara dengan total kerugian sebesar Rp312.582.365. Dari hasil penulusuran, kebanyakan kerugian di KemenPAN-RB tersebut diakibatkan karena permasalahan yang berasal dari kelebihan pembayaran belanja pegawai dan barang.

Hal ini memperlihatkan adanya tindakan sebagai bentuk melanggar hukum di kementerian ini. Sebagaimana termaktub dalam undang-undang yang berlaku, yakni Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2004 tentang perbendaharaan Negara dan Undang-Undang Nomor 2006.

Perbuatan melanggar atau melawan hukum merupakan salah satu syarat penting bagi terjadinya kerugian negara. Maka publik berpendapat, perlu adanya tindakan yang berhubungan dengan tindak pidana, terhadap kerugian yang terjadi KemenPANRB sebesar Rp312.582.365 ini.(Fahad Hasan&Tim Investigator KA)