Spread the love

BataraNews.com-Pasar yang semakin luas adalah salah satu idaman para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dan meningkatkan bisnisnya. Apalagi pasar yang dituju adalah pasar luar negeri atau negara dengan pendapatan penduduknya yang tinggi. Untuk itu, BNI mengajak lima UMKM binaannya untuk memamerkan produk-produk terbaik mereka dalam acara Indonesia Festival yang diselenggarakan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) untuk Korea di Seoul pada 20 – 22 September 2019.

Ajang pameran ini juga dimanfaatkan BNI untuk menunjukkan kepedulian korporasi terhadap para pekerja migran Indonesia (PMI) yang melanjutkan pendidikan mereka di Universitas Terbuka (UT). Dukungan BNI bagi PMI melanjutkan belajar tersebut diberikan dalam bentuk beasiswa dan pemberdayaan mereka untuk menjadi agen-agen Laku Pandai BNI di 10 kota yang ada di negeri ginseng tersebut.

Rangkaian Indonesia Festival tersebut dimulai dengan pembukaan yang dilaksanakan di Cheonggye Plaza, Seoul, Korea Selatan, Jumat (20 September 2019). Hadir pada kesempatan tersebut Duta Besar Indonesia untuk Korea Umar Hadi, General Manager BNI Cabang Seoul Anisfu, serta para pelaku usaha yang diundang BNI untuk berpameran.

Kelima UMKM yang BNI ajak berpartisipasi dalam pameran Indonesia Festival adalah UKM unggulan dari Rumah Kreatif BUMN (RKB) binaan BNI yaitu Semoetketjil dari RKB BNI Sleman yang memamerkan aneka aksesoris wanita; Anakkayu dari RKB BNI Banjarbaru yang memproduksi olahan kayu dan anyaman khas Kalimantan; Akalpa dari RKB BNI Sleman yang membuat produk kacamata & jam tangan dari kayu serta aneka produk kulit khas Yogyakarta.

Untuk UKM kategori food, BNI mengundang UKM Randang Hj Fatimah dari RKB BNI Padang yang menyajikan kuliner kebanggaan Indonesia yaitu aneka Rendang serta Kartika Mete dari RKB BNI Wonogiri yang memproduksi beragam snack dari kacang mete. Kelima UKM ini pun turut mendukung program BNI GoGreen dengan memakai pembungkus kemasan serta tas ramah lingkungan yang merupakan produk daur ulang.

“Para pengusaha ini berkesempatan membawa produk-produk asli Indonesia untuk diperkenalkan baik pada masyarakat Korea maupun Warga Negara Indonesia yang ada di Korea,” ujar GM BNI Cabang Seoul Anisfu. (Fahad Hasan)