Direktur Utama BNI Achmad Baiquni (kelima kanan), Wakil Direktur Utama BNI Herry Sidharta (kelima kiri), (ki-ka) Direktur Human Capital dan Kepatuhan BNI Endang Hidayatullah, Direktur Bisnis Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan Jaringan BNI Tambok P Setyawati, Direktur Hubungan Kelembagaan BNI Adi Sulistyowati, Direktur Teknologi Informasi dan Operasi BNI Dadang Setiabudi, Direktur Keuangan BNI Ario Bimo, Direktur Bisnis Korporasi BNI Putrama Wahju Setyawan, Direktur Manajemen Risiko BNI Rico Budidarmo, dan Direktur Tresuri dan Internasional BNI Bob Tyasika Ananta sebelum memulai Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) di Jakarta, Jumat (30/8/2019).

BataraNews.com – PT Bank Negara Indonesia (Tbk) Persero (BBNI) telah melakukan Rapat Umum Pemegang Saham – Luar Biasa ( RUPSLB) hari ini, Jumat (20/8/2019).

Agendanya adalah evaluasi/pemaparan kinerja perseroan Semester I 2019 juga perubahan susuan pengurus perseroan.

Dalam keterbukaan informasi di laman Bursa Efek Indonesia (BEI) dijelaskan, susunan agenda tersebut didasarkan pada usulan Surat Menteri Badan Usaha Milik Negara ( BUMN) Rini Soemarno. Artinya, bakal ada perombakan jajaran direksi bank pelat merah tersebut hari ini.

Pada Agenda Pertama, RUPSLB mencatatkan kinerja korporasi pada paruh pertama tahun 2019, dimana BNI terus mencatatkan pertumbuhan kredit yang solid sebesar 20% year on year (YOY) yaitu dari Rp 457,81 triliun pada Semester I 2018 menjadi Rp 549,23 triliun pada Semester I 2019. Realisasi kredit tersebut menunjukkan fungsi intermediasi yang dijalankan BNI berjalan secara optimal dan seiring dengan upaya pemerintah yang terus mendorong momentum pertumbuhan ekonomi, di tengah kondisi ketidakpastian pasar keuangan global.

Adapun pada Agenda Kedua, RUPSLB memutuskan Susunan Pengurus sebagai berikut:

Memberhentikan dengan hormat, Saudara Marwanto Harjowiryono dari jabatan Komisaris Perseroan dan mengucapkan penghargaan serta terimakasih atas pengabdiannya selama menjabat di BNI.

Memberhentikan dengan hormat, Saudara Catur Budi Harto dari jabatan Direktur Bisnis Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dan Jaringan serta mengucapkan penghargaan serta terimakasih atas pengabdiannya selama menjabat di BNI.

Mengangkat Saudara Askolani sebagai Komisaris Perseroan.

Mengangkat Saudara Ario Bimo sebagai Direktur Keuangan.

Saudari Tambok P Setyawati yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Bisnis Konsumer BNI kini menjabat sebagai Direktur Bisnis Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dan Jaringan.

Saudara Anggoro Eko Cahyo yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Keuangan BNI kini menjabat sebagai Direktur Bisnis Konsumer BNI.

Saudara Bob Tyasika Ananta yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Manajemen Risiko BNI kini menjabat sebagai Direktur Tresuri dan Internasional BNI.

Saudara Rico Budidarmo yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Tresuri dan Internasional BNI kini menjabat sebagai Direktur Manajemen Risiko BNI.

Dengan demikian, susunan Dewan Komisaris menjadi sebagai berikut:

Dalam pergantian jajaran Direksi ini, ada selentingan kabar bahwa Catur Budi Harto yang diberhentikan dari jabatan Direktur Bisnis Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dan Jaringan digadang-gadang akan diproyeksikan memimpin BRI selanjutnya. Namun, hingga detik ini redaksi masih mengkonfirmasi kebenaran kabar tersebut.[azk]