Spread the love

BataraNews.com – Beberapa tahun belakangan ini sejak hadirnya Revolusi Industri 4.0, inovasi semakin fantastis dalam sejumlah aspek melalui perpaduan teknologi, Tidak sedikit generasi muda, yakni generasi Z dan generasi milenial bersama-sama mendirikan usaha startup.

Dikutip dari CNBC Indonesia, menghimpun generasi milenial sebagai penggagas startup yang berhasil pada aspeknya masing-masing.

  1. Nadiem Makarim ( Pendiri Gojek )

Pria yang lahir 34 tahun lalu ini berhasil mendirikan usaha ojek onlinenya yang diberi nama Gojek. Dia adalah Nadiem Karim. Pria kelahiran tanggal 4 Juli 1984 ini sebelumnya pernah bekerja di Zalora Indonesia sebagai Managing Editor , sebuah perusahaan konsultan Mckinsey & Company, dikartuku jabatan terakhirnya sebagai Chief Innovation officer.

Di tahun 2015 dirinya memiliki keinginan untuk lebih sukses lagi dengan membangun PT GoJek Indonesia. Sebuah perusahaan yang menyediakan jasa transportasi ojek berbasis online.
Berawal dari Ia memperhatikan masalah pokok para penyedia jasa ojek di negeri ini yang tidak menghasilkan, seperti susah memperoleh customer.

Walaupun gagasan usahanya pernah dinilai sepele karena tidak bisa diterima sama akal serta dicibir beberapa pihak. Nadiem tetap berjuang untuk tetap bertahan dan alhasil kini Ia mendapatkan kesuksesan luar biasa.

2. Ahmad Zaky ( Pemilik Bukalapak )

Siapa yang tidak tahu e-commerce yang bernama Bukalapak? Untuk yang suka shoping online sudah tentu kenal jelas dengan website jual-beli online yang satu ini. Ahmad Zaky adalah pendiri BukaLapak, dimana termasuk salah satu situs jual-beli online paling besar di Indonesia.

Semenjak di Sekolah Dasar dirinya sudah terpikat pada dunia informatika, keseriusannya sekarang menghasilkan dan membawanya menjadi seorang pengusaha sukses.

Mulanya website jual-beli online ini hanya sebuah divisi agensi digital bernama Suitmedia yang setelah itu berganti status menjadi PT (Perseroan Terbatas).

Perjalanan BukaLapak tak semudah yang kita pikirkan. Walaupun telah berdiri dari tahun 2010 lalu. Rendahnya keyakinan dan kurang mengertinya masyarakat mengenai jual-beli online menjadi tantangan besar baginya.
Karena keuletan pria kelahiran 24 Agustus 1986 ( 32 tahun ) kini BukaLapak.com sudah ternama serta menerima beberapa investor berasal dari dalam negeri maupun luar negeri.

3. William Tanuwijaya ( Pemilik Tokopedia )

Semua orang pasti mengenal Situs market place Tokopedia.com, tetapi tidak semua orang tahu siapa pendirinya. Pria yang lahir tanggal 11 November 1981 tepatnya 37 tahun lalu bernama William Tanuwijaya sebagai pendiri Tokopedia.com. Berasal dari daerah datang ke Jakarta merantau sesudah selesai menempuh pendidikan SMA, dirinya ingin meneruskan pendidikan sarjananya di Jakarta.

Perjalanannya untuk menjadi seperti sekarang tidak semulus yang Anda dibayangkan. Untuk memperoleh pendapatan lebih, dirinya pernah menjadi pegawai warnet. Dari situlah dunia internet dipelajari lebih serius.
Tidak hanya sampai disitu, Ia pun bekerja di beberapa perusahaan game developer dan software. Banyaknya pengetahuan yang diperoleh, pada tahun 2009 Tokopedia.com didirikan.

4. Ferry Unardi ( Pemilik Traveloka )

Buat Kamu yang memilki hobi travelling sudah tentu mengenal situs yang satu ini, yakni Traveloka sebagai situs mesin pencari tiket pesawat, kereta, dan hotel buat travelling.. Namun tahukah kamu siapa pendiri situs ini? lelaki yang lahir pada tanggal 16 Januari 1988 sebagai pendiri Traveloka Ferry Unardi. Di usia 30 tahun ahli profesi menjadi seorang wirausahawan berhasil dengan usia yang masih muda.

Idenya muncul untuk mendirikan sebuah perusahaan start up yang lebih di khususkan kepada penelusuran tiket pesawat disaat Ia duduk di jenjang kuliah.

Tak perlu bingung mengapa banyak sekali pengusaha yang menanamkan modalnya di traveloka, alasannya karena usaha rintisannya berbeda dengan start up lainnya.

Berhubung ide startup yang Ferry miliki sangat unik, tak heran kalau ada banyak sekali investor yang tertarik menanamkan sahamnya. Traveloka merupakan situs penelusuran tiket pesawat terpopuler dari tahun berdirinya 2012.

5. Hendy Setiono ( Pemilik Kebab Baba Rafi )

Mengawali dengan usaha gerobaknya, siapa yang bakal mengira kalau Hendy Setiono kini menjadi pengusaha yang berhasil. Usahanya sudah meluas sampai 1.200 cabang, di dalam maupun luar negeri
Bermula dari kunjungannya ke negara Qatar, sehingga dirinya memiliki gagasan untuk bisnis kuliner Timur Tengah.
Lelaki kelahiran 30 tahun lalu tepatnya 30 Maret 1983 ini dengan istrinya membangun Kebab Baba Rafi dari tahun 2007.
4 juta rupiah merupakan modal awal yang dimilikinya. Oleh karena itulah Hendy Cuma dapat memulai outlet makanan di gerobak yang selanjutnya diperluas dengan sistem franchaise.

Dalam periode kurang satu tahun franchaise Kebab Baba Rafi sudah memiliki banyak pelanggan dan banyak dicari.Sistem franchaise sangat efektif sekali untuk memperluasa usahanya.

Usaha Hendy Setiono sampai sekarang telah berekspansi sampai ke negeri Sri Lanka, China, Filipina dan Malayisa.

6. Reza Nurhilman ( Pemilik Keripik Pedas Maicih )

Buat pecinta cemilan berasal dari bahan singkong dengan rasa pedas luar biasa pasti tahu dengan keripik pedas bernama Maicih. Lelaki dibalik kepopuleran keripik pedas tersebut adalah Reza Nurhilman.

Namanya memang asing di telinga Anda memang tak terlalu populer. Namun berbanding terbalik dengan usaha yang dibangunnya, masyarakat sering memperbincangkannya.

Menjalankan usaha keripik pedasnya di tahun 2010 lalu , lelaki kelahiran tanggal tanggal 29 September 1987 yakni ketika umurnya masih 23 tahun.

Reza menjual keripik maicih ini mulanya di sosial media Twitter. Namun seiring berjalannya waktu demi usahanya meluas ke seluruh masyarakat, dirinya menjalankan metode keagenan. Maicih hingga saat ini masih tetap menjadi keripik pedas kesayangan masyarakat luas, walaupun usahanya telah ada lama.

7. Hamzah Izzulhaq ( Pemilik Bimbel Bintang Solusi Mandiri )

Ketika umurnya memasuki angka 25 tahun Hamzah Izzulhaq telah menjadi wirausahawan yang berhasil. Lelaki yang lahir pada tanggal 26 April 1993 ini, semenjak duduk di bangku sekolah SMA telah terpikat dengan dunia usaha. Ia mengawali usahanya di saat remaja.

Berdagang buku merupakan usaha pertawa Hamzah, tak berjalan mulus usahanya harus tutup. Tidak putus asa, usaha selanjutnya adalah berdagang pulsa, membuka usaha percetakan sampai akhirnya membuka bimbel yang berjalan hingga saat ini.

Bintang Solusi Mandiri merupakan usaha bimbel Hamzah. Awalnya usaha tersebut bukan miliki Ia. Disaat usaha tersebut akan tutup, langkah yang diambilnya adalah dengan membelinya.

Angka keuntungan yang bisa diraihnya bukan main, dapat menembus ratusan juta rupiah. Ia mengatakan demi mendapat keberhasilan sampai saat ini, awalnya kita mendapati kekecewaan supaya kekecewaanan tersebut mejadi pengalaman yang dapat diambil dan dipelajari.

Tujuh wirausahawan berhasil di atas keren banget ya. Banyak rintangan yang harus kita lewati untuk membangun bisnis sendiri. Kompetisi market sampai modal usaha yang kurang buat mendirikan atau memperluas bisnis. Namun masalah tersebut jangan dijadikan rintangan yang tak terselesaikan. [mae]