BataraNews.com – Setelah perusahaan besar Smartphone membuat peta onlinenya masing-masing seperti Apple dengan Maps, Microsoft dengan Bing Maps dan Google dengan Google Mapsnya.

Diberitakan kalau saat ini Huawei pun ikut menciptakan peta online sendiri. Bulan Oktober yang akan datang perilisannya. Peta itu bernama ‘Map Kit’

Hal ini dilakukannya untuk menghadapi hukuman pemerintahan gedung putih yang menempatkan mereka ada di dalam daftar hitam. Awal Agustus kemarin Huawei pun sudah meluncurkan sistem operasinya sendiri yang memiliki nama Harmony. Ketakutan tak bisa lagi menggunakan Android yang berasal dari Negeri Paman Sam tersebut adalah alasan kenapa dibuat sistem itu.

Beberapa fitur yang serupa dengan sistem operasi Android diciptakan Huawei, diantaranya Map Kit ini. Tak dapat membeli perangkat keras atau lunak dari perusahaan asal AS tanpa izin pemerintah AS diberlakukan bagi perusahaan yang masuk dalam black list AS.

Map Kit tidak tersedia otomatis buat pengguna, namun dibuat khusus oleh perusahaan dengan menciptakan satu aplikasi yang bisa digunakan sebagai peta. Ini Dilansir detikNET dari Gizmochina, Kamis (15/8/2019).

Layanan pemetaan lokal dan tersedia dalam 40 bahasa Map Kit akan terhubung. Huawei berkolaborasi dengan dua perusahaan untuk mengembangkan Layanan peta digital ini. Map Kit dibuat oleh Sebuah perusahaan berasal Rusia Ada Yandex dan situs khusus perjalanan asal dari paman sam Booking Holdings.

Kurang lebih 150 negara serta wilayah di jangkau Map Kit. Huawei bakal menggunakan jaringan pemancar sinyal handphone di sebagian negara untuk proses pemetaan aplikasi Map Kit

Zhang Pigan, Presiden Layanan Cloud Huawei Consumer Business Group seperti dikutip detikINET dari Gizmochina, Kamis (15/8/2019) mengatakan bahwa Map Kit bisa membagikan kabar mengenai situasi lalu lintas dengan tepat sesuai waktu saat itu juga, sistem navigasi dan juga berbasis Augmented Reality (AR )

Bukan hanya itu, Ia mengungkapkan perpaduan aplikasi lain akan hadir bersamaan Map Kit, seperti Site Kit, Location Kit, dan Drive Kit. [azk]