Spread the love

BataraNews.com- Kali ini Tim Investigator KA akan membeberkan daftar 10 kementerian dengan belanja terbesar, khusus di TA 2019. Masing-masing kementerian ada yang memperoleh porsi belanja puluhan triliun sampai ratusan dalam satu tahun anggaran. Berikut detailnya :

  • Kementerian Keuangan yang dipimpin Sri Mulyani, ternyata menjadi salah satu kementerian yang paling besar belanja negara di APBN 2019. Total belanja Kementerian Keuangan sebesar Rp 31,6 triliun, menjadikannya terbesar ke-10 dari 34 menteri yang ada.
  • Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) juga yang terbesar mendapatkan porsi APBN tahun anggaran 2019. Meskipun ada penurunan dibanding tahun sebelumnya, porsi APBN untuk Kemendikbud masuk 9 terbesar. Belanja Kemendikbud sebesar Rp 39,6 trilun menjadi Rp 36 triliun di tahun 2019.
  • Kementerian Riset Tekhnologi dan Pendidikan tinggi (Kemenritekdikti). Kementerian yang dipimpin oleh Mohamad Nasir ini di tahun anggaran 2019 memporoleh gelontoran duit negara sebesar Rp 41,3 triliun. Bahkan, jika dibandingkan dengan anggaran tahun sebelumnya (2018) sebesar Rp 39,9 miliar. Anggaran untuk Kemenristekdikti mengalami kenaikan, dan menjadikannya terbesar kedelapan.
  • Kementerian Perhubungan (Kemenhub). TA 2019 Kemenhub memperoleh porsi anggaran sebesar Rp 41,6 triliun. Bahkan dalam dua tahun terakhir, Kemenhub memperoleh gelontoran anggaran cukup fantastis. Tahun sebelumnya, kementerian ini memperoleh gelontoran sebesar Rp 45,5 triliun.
  • Kementerian Kesehatan menjadi enam terbesar dengan porsi anggaran terbesar di tahun 2019. Total belanja kementerian ini sebesar Rp 58,7 triliun. Kementerian Kesehatan juga cukup stabil dalam porsi anggaran belanja di dua tahun terakhir. Sebelumnya kementerian ini mendapat jatah belanja sebesar Rp 58,6 triliun.

Tahun Anggaran 2019

Tapi, porsi belanja Kemenkes sebesar Rp 58,7 triliun masih kalah dibandingkan besaran belanja yang diperoleh Kementerian Sosial.

  • Pada TA 2019 Kemensos memperoleh gelontoran belanja sebesar Rp 58,9 triliun. Bahkan, jika dibandingkan belanja di tahun sebelumnya, terdapat lonjakan yang sangat besar. Sebelumnya Kemensos memperoleh anggaran senilai Rp 41,1 triliun. Naiknya porsi belanja Kemensos disebabkan beberapa kebijakan pemerintah terkait Program Keluarga Harapan (PKH).
  • Kementerian Agama dalam kurun waktu dua tahun ini memperoleh anggaran sebesar Rp 62,1 triliun. Kementerian Agama saat ini memang memiliki beberapa mega proyek, seperti Universitas Islam berstandar Internasional. Di tahun 2017 saja, Kementerian Agama memperoleh kucuran dana sebesar Rp 59,9 triliun.
  • Kepolisian Republik Indonesa ikut mendapatkan gelontoran dana sebesar Rp 86,2 triliun. Besaran anggaran yang diperoleh Kepolisian RI ini menjadikannya tiga besar, mengalahkan kementerian dan lembaga lainnya. Bahkan di tahun sebelumnya Kepolisian RI mendapatkan porsi belanja yang lebih besar lagi, yaitu Rp 93,6 triliun.
  • Kementerian Pertahanan. Total jatah belanja kementerian yang dipimpin oleh Ryamizard Ryacudu ini menembus angka Rp 108,4 triliun. Angka ini mengalami lonjakan besar dibandingkan anggaran belanja di tahun sebelumnya, yang berada di angka Rp 99,8 triliun.
  • Terakhir, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PU PERA). Kementerian yang dipimpin oleh Basuki Hadimuljono ini mendapatkan gelontoran dana sebesar Rp 110, 7 triliun. Salah satu faktor utama besarnya anggaran belanja Kemen PU PERA adalah, karena gencarnya berbagai proyek infrastruktur yang ditargetkan Pemerintah.

Sebagai catatan, dengan besaran porsi belanja di 10 kementerian atau lembaga di atas, masih dibayang-bayangi oleh perilaku koruptif oknum pejabat kita. Hal ini menjadi kekhawatiran bersama, seperti yang baru-baru ini terjadi.(Fahad Hasan&Tim Investigator KA)