Uki Noah Hijrah akibat Mendengar Ceramah Syafiq Basalamah

Spread the love

BataraNews.com- Gitaris band Noah, Mohammad Kautsar Hikmat alias Uki Noah memutuskan hengkang dari Band Noah. Keputusannya hengkang itu dia sampaikan lewat pernyataan resmi. Uki Noah kabarnya meninggalkan Band Noah karena ingin memperdalam ilmu agama. Uki Noah memang sempat membuat publik heboh dengan kesaksiannya di hadapan Ustaz Syafiq Riza Basalamah beberapa waktu lalu soal keinginannya untuk hijrah.

Dalam kesaksiannya waktu itu, Uki Noah mengatakan kalau ia sempat galau dengan profesi yang dilakoninya saat itu, yaitu sebagai musisi. Menurut Uki Noah kala itu, sejak dua tahun ke belakang, ia sudah berhasrat untuk mencari tahu tentang Islam dan ingin mendalami ajaran agama Islam.

“Memang dua tahun kemarin itu mulai mencari tahu tentang agama Islam, apalagi di usia saya seperti saat ini sudah kelamaan enggak menuntut ilmu, terlalu sibuk bekerja,” kata Uki Noah.

Setelah membuat kesaksian atas keinginannya untuk hijrah, kali ini aktivitas Uki Noah di media sosial pun tak tampak lagi menonjolkan dirinya sebagai musisi. Dalam beberapa unggahan foto Uki Noah di Instagram, tampak ia lebih memperlihatkan dirinya tampil menggunakan busana muslim.

Bahkan, beberapa foto yang diunggah berupa kalimat motivasi. Berikut ini foto-foto Uki Noah setelah memberikan kesaksian soal keinginannya untuk hijrah:

1. Tampil ganteng tanpa Isbal

2. Kalimat motivasi sambil gendong buah hati

Kisah ingin Hijrah

Publik sempat dihebohkan dengan kabar superstar Mohammad Kautsar Hikmat alias Uki Noah hijrah. Adapun Uki Noah kala itu menyampaikan keinginan dirinya untuk hijrah di depan jemaah kajian yang dipimpin oleh Ustaz Syafiq Riza Basalamah di Sekolah Tinggi Dirasat Islamiyah Imam Syafi’i Jember, Jawa Timur.

Video Uki Noah menyampaikan alasannya hijrah diunggah oleh akun @syafiqrizabasalamah_official.

Dalam tayangan video tersebut, Uki Noah diminta oleh Ustaz Syafiq Riza Basalamah untuk berdiri dan menjelaskan alasannya datang ke Jember untuk mengikuti kajiannya.

Masya Allah, antum bisa cerita, kenapa antum datang kesini?,” tanya Ustaz Syafiq Riza Basalamah kepada Uki Noah.

Diminta Ustaz Syafiq Riza Basalamah untuk menjelaskan alasannya datang mengikuti kajiannya tersebut, Uki Noah pun menjelaskan perlahan, meski mengaku gugup.

“Memang Dua tahun kemarin itu mulai mencari tahu tentang agama Islam, apalagi di usia saya seperti saat ini sudah kelamaan enggak menuntut ilmu, terlalu sibuk bekerja,” kata Uki Noah. “Makannya waktu datang kesini (Kajian Ustaz Syafiq Riza Basalamah) melihat kalian tuh aku agak iri, ke mana aja aku selama ini untuk menuntut ilmu? Perlahan-lahan di Jakarta mulai ikut kajian, diajakin sama istri juga, mencari kebenaran tentang profesi,” kata Uki Noah.

Selain itu, Uki Noah mengaku mencari tahu tentang profesinya yang dijalaninya saat ini sebagai musisi dan tergabung dengan salah satu band elit di Indonesia.

“Secara gak langsung langsung diperlihatkan kajian Ustaz Syafiq Riza Basalamah yang bahas soal musik, dari situ resah,” kata Uki Noah.

Adapun Uki Noah mengaku semakin tertarik mencari tahu soal hukum musik dalam Islam seperti yang pernah dibahas pada kajian Ustaz Syafiq Riza Basalamah.

“Sampai pada akhirnya saya sempat mimpi beliau (Ustaz Syafiq Riza Basalamah) puncaknya itu waktu aku ke Belitung, beliau lagi ada kajian, Allah SWT mempertemukan saya duduk di depan beliau, dari situ bergejolak, saya harus berbicara dengan Ustaz Syafiq Riza Basalamah,” ujar Uki Noah.

Setelah Uki Noah selesai memberikan penjelasan seputar keinginnya untuk hijrah, Ustaz Syafiq Riza Basalamah pun memberikan sebuah gift kepada Uki, seraya meminta doa kepada seluruh jamaah agar Uki Noah bisa Istiqomah dengan hijrahnya.

“Kita doakan, semoga saudara kita Mohammad Kautsar (Uki Noah) bisa Istiqomah dengan hijrahnya, dan terus menuntut ilmu, dan semoga Allah mengabulkan semua doa kita,” kata Ustaz Syafiq Riza Basalamah diiringi sambutan kata Amin dari Uki Noah dan para jemaah. 

Sebelum Uki Noah, ada nama artis seperti Arie K Untung, Primus Yustisio, Rifky Harun, David Chalik, Irwansyah, Teuku Wisnu, Reza eks Noah, dan masih banyak lagi.

Uki Umumkan keluar dari Band Noah

Mohamad Kautsar/Uki Noah akhirnya memberikan pernyataan resmi soal keputusannya pamit keluar dari Noah, sembari mengenang persahabatannya dengan Ariel. Teka-teki soal masa depan Uki Noah di band Noah akhirnya terjawab. Sang gitaris dipastikan tak akan lagi menghuni band yang dikomandoi Arieltersebut.

Sosok Uki Noah tak akan lagi mengisi posisi gitaris Noah untuk album baru bertajuk Keterkaitan Keterikatan. Sebelumnya, tanda-tanda mundurnya Uki Noah menguat ketika Ariel cs melakukan syuting videoklip single

“Wanitaku” di Musica Studio, Jakarta Selatan. Kala itu, Uki Noah tak tampak terlihat di lokasi hingga syuting videoklip selesai. Kini, Uki Noah telah menyampaikan surat ‘pamit’.

Melalui unggahan di akun Instagramnya, Uki Noah menuliskan tulisan panjang tentang cerita dirinya bergabung dengan Noah, yang kala itu masih bernama Peterpan.

Semua bermula dari tahun 1998. Kala itu, Uki Noah diajak Ariel untuk masuk studio musik bersama Lukman (gitaris Noah) dan Andika, eks personel Peterpan. Uki Noah mengaku bersahabat dengan Ariel sejak SMP.

Berikut tulisan panjang penuh haru yang ditulis Uki Noah :

Selain itu, Uki Noah memperlihatkan foto lawas dirinya dengan Ariel. Kemudian, ia menambahkan pesan singkat tentang persabahatannya dengan Ariel.

“Good friends never say goodbye, they simply say “see you soon”,tulisnya.

Beberapa waktu lalu, Ariel hanya berkilah Uki Noah tengah sibuk dengan urusan pribadi. Kini, akhirnya Ariel membuka jawaban atas pertanyaan tersebut. Ariel angkat bicara mengenai kepergian Uki Noah. Secara lugas, Ariel memastikan kini Uki Noah tak lagi bersamaNoah. Alhasil, Noah kini hanya bertiga, yakni Ariel, David dan Lukman.

“Sekarang iya,” jawab Ariel soal jumlah tiga personel Noah, dalam video wawancara dengan Mata Musik. “Sampai proses mixing Uki Noah masih terlibat, sampai promo juga, tapi tidak ikut main hanya memastikan semua berjalan baik,” lanjut Ariel.

Hanya saja, Ariel tak memberikan detail soal hengkangnyaUki Noah. Meski demikian, banyak kabar yang menyebutkan UKi keluar karena ingin mendalami agama.(Fahad Hasan&DBS)