BataraNews.Com. Program wisata edukasi yang terjadual 2 hari satu malam itu, awalnya diisi dengan dialog dan diskusi. Acara dimulai pada hari Sabtu (27/07/2019) bertempat di Apartemen Cemara, Menteng, Jakarta Pusat, sekaligus tempat menginap wisatawan.

Diskusi santai bertemakan pentingnya kemandirian pangan dan energi mengisi acara malam di Apartemen Cemara. Kita diajak untuk memahami bagaimana pentingnya penghematan energi listrik dan pemanfaatan lingkungan sekitar agar memiliki nilai ekonomis yang kemudian pada keesokan harinya kita langsung dapat menyaksikan semua proses yang kita diskusikan.

Program Wisata Edukasi ini digagas oleh sekumpulan anak muda yang bernaung dalam Berkarya Network bekerjasama dengan perempuan-perempuan Indonesia yang tergabung dalam organisasi the Ultimate Women (TUW). Mereka memanfaatkan prototipe Saung Berkarya sebagai Desa Mandiri Pangan dan Energi yang berlokasi di Desa Hambalang, Bogor, Jawa Barat.

“TUW memiliki anggota yang tersebar di seluruh Indonesia maupun yang tinggal di luar negeri. TUW juga dibentuk sebagai wadah membangun networking untuk mengembangkan bisnis bersama serta memberikan edukasi bagi pengusaha pemula,” papar Dian Novita, Ketua Umum TUW.

Pada hari kedua (28/07/2019), wisatawan diajak langsung berkunjung ke Saung Berkarya. Disana kita melihat ratusan jenis tanaman tumbuh dan terhampar indah. Mulai dari tanaman pisang, ubi-ubian, sayur, hingga instalasi pertanian hydrophonik dengan berbagai varian sayuran. Saung Berkarya juga menghadirkan budidaya jamur tiram di lokasi yang berada pada dataran tinggi Hambalang.

Di Saung Berkarya kita akan menyaksikan kandang ternak yang tertata rapi. Mulai dari kandang ayam, domba, hingga sapi yang dimanfaatkan kotorannya sebagai energi terbarukan (Biogas). “Pemanfaatan Biogas langsung dialirkan ke dapur untuk kegiatan memasak dan aliran listrik di area wisata,” jelas Marlina selaku Sekjen TUW.

Marlina mengajak seluruh anak bangsa untuk melihat langsung prototipe Desa Mandiri Pangan dan Energi melalui program wisata edukasi bersama TUW. Program Wisata ini juga sangat penting untuk anak-anak usia sekolah sebagai arena bermain dan sekaligus mengedukasi mereka tentang pentingnya pertanian dan pemanfaatan energi terbarukan. “Silahkan menghubungi kami melalui contact yang ada dalam website www.saungberkarya.com ,” tutup Marlina di sela-sela acara. (KS)