Seorang pengunjung tengah bertransaksi di salah satu booth pengusaha UMKM Rumah Kreatif BUMN (RKB) binaan BNI yang terdapat di Halal Park Gelora Bung Karno (GBK) dekat Pintu 11 Senayan.

BataraNews.com-Sofyan (30) dan Hera Hermaini (60) sama-sama mendapatkan kesempatan langka diajak berjualan di kawasan Halal Park, dekat Pintu Sebelas Gelora Bung Karno,  Jakarta. Keduanya pun satu kata, yaitu sama-sama merasa terbantu oleh adanya Rumah Kreatif BUMN (RKB) binaan BNI.

“Menjadi mitra RKB BNI sangat menguntungkan, selain mendapatkan pelatihan atau workshop yang sangat bagus untuk mengembangkan usaha, pengusaha UMKM seperti saya juga berkesempatan untuk memasarkan produknya di acara BNI, termasuk RKB BNI Fest di Halal Park ini,” ujar Sofyan saat ditemui di salah satu sudut RKB BNI Fest, Sabtu (27 Juli 2019) siang tadi.

Begitu pun dengan Hera Hermaini.

“Banyak informasi usaha yang bisa didapat dari RKB, baik informasi wirausaha, pelatihan, hingga pembiayaan yang sangat bermanfaat untuk kemajuan usaha. Semoga RKB BNI dapat menggandeng UKM baru agar dapat termotivasi memajukan produk-produk lokal,” ujarnya.

Sofyan dan Hera adalah 2 dari 10 pengusaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) binaan BNI yang diajak ke Halal Park untuk berjualan dan meramaikan RKB BNI Fest. Ini adalah momentum langka dan bisa jadi diidam-idamkan oleh banyak pengusaha UMKM lain.

Salah satu RKB binaan BNI adalah RKB Bekasi. Ada sekitar 2.000 UMKM yang terdaftar disana. Demikian menurut Usman, pengelola RKB BNI. Dari 2.000 pengusaha itu, ada 200 pengusaha yang aktif di grup medsos khusus RKB Bekasi. Pengusaha pemula manapun diundang ke RKB Bekasi untuk menjadi anggota dan mendapatkan pelatihan. Namun, jika ingin diajak pameran seperti ke RKB BNI Fest ini, maka ada syarat tambahan lain.

“Tingkatkan kualitas produknya, perkuat kemasannya, dan pantaskan diri bahwa kita layak untuk ikut pameran. Beberapa syaratnya adalah ketersediaan produknya, dan menarik produknya,” ujar Usman.

Ke-8 UMKM lainnya adalah Pempek Bulet yang menyajikan hidangan pempek berbentuk bulat, Pudingku yang menyajikan silky puding, Sosis Bakar Lulu yang menyajikan hidangan sosis, Soto Mie Bakso, Sicipi Food yang menyajikan hidangan kebab, Arafi Food yang menyajikan hidangan dimsum, Pentol Pedas SS, Ramen n Sushi Emperan. Mereka diajak, karena dianggap layak.(Fahad Hasan) S