Spread the love

BataraNews.com-Mantan Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) yang juga mantan Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Anwar Nasution, menyatakan, saat ini banyak menteri yang tidak memiliki kapabilitas di bidangnya. Hal itu sangat berbeda dengan para menteri pada Era Orde Baru.

“Lebih hebat Soeharto-lah, dia memang tidak tamat sekolah dasar, tetapi menteri-menterinya hebat,” kata dia.

Oleh karena itu, dia mengatakan bahwa reshuffle menteri di bidang ekonomi perlu dilakukan karena tantangan ekonomi saat ini sangat berat sehingga dibutuhkan menteri-menteri yang memiliki kemampuan dan pengalaman di bidangnya masing-masing.

Dalam kesempatan itu, dia juga mempertanyakan kinerja Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno.Hingga saat ini, kata dia, tak ada hasil nyata kerja Rini dalam memperbaiki daya saing perusahaan BUMN.

“Apa yang dilakukan Menteri BUMN? Kita selama ini tidak pernah mendapatkan menteri BUMN yang bagus, termasuk yang sekarang ini kerjanya apa?” ujar Anwar.

Menurutnya, perekonomian suatu bangsa akan maju apabila bidang BUMN-nya maju dan mampu bersaing di dunia internasional. Namun, saat ini, kata Anwar, BUMN nasional tak bisa berbuat banyak dalam kancah dunia internasional.

Dia menyebutkan, seharusnya Bank BUMN juga harus mampu bersaing di pasar global dengan bank BUMN negara-negara lainnya.(Fahad Hasan&DBS)