BataraNews.com – Setya Novanto lagi-lagi menjadi buah bibir di Indonesia. Ia baru saja tertangkap kamera sedang berpelesiran ke suatu tempat. Padahal, ia harusnya sedang dalam tahanan.

Ia ditahan atas kasus korupsi Kartu Tanda Penduduk Elektronik atau E-KTP. Selama ini, ia ditahan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sukamiskin Bandung. Namun, karena ketahuan pelesiran ke sebuah toko bangunan di Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, ia kemudian dipindahkan ke Lapas Gunung Sindur, Bogor, Jawa Barat.

Kasus tahanan yang bisa seenaknya keluar masuk tahanan sebenarnya tidak hanya terjadi sekali saja. Ada beberapa tahanan yang juga kepergok melakukan hal serupa. Berikut adalah tahanan yang pernah ketahuan keluyuran keluar lapas.

  1. Gayus Tambunan
    Gayus Tambunan merupakan terpidana kasus penggelapan pajak. Ia pernah ketahuan sedang makan di restoran di kawasan Jakarta Selatan pada September 2015 lalu. Ia makan di sana bersama dua teman wanitanya.
    Sebelumnya, ia juga pernah tepergok sedang menonton pertandingan tenis di Bali. Seorang wartawan foto salah satu koran besar di Indonesia mengabadikan fotonya yang tengah menonton pertandingan di tengah penonton lain.
  2. Muhammad Nazaruddin
    Menghuni Lapas Sukamiskin, Bandung sejak tahun 2013, mantan Bendahara Umum Partai Demokrat ini disebut-sebut sering keluar penjara untuk memimpin rapat. Kesaksian ini diberikan oleh mantan anak buahnya, Yulianis, di tahun 2015. Tapi hal tersebut dibantah oleh Edi Kurniadi yang menjabat sebagai Kepala Lapas Sukamiskin saat itu.
  3. Anggoro Widjojo
    Menjadi terpidana kasus suap dalam proyek sistem komunikasi radio terpadu tahun 2006-2007 di Departemen Kehutanan, Anggoro Widjojo juga ditahan di Lapas Sukamiskin. Ia yang menyuap Departemen Kehutanan sebesar Rp180 miliar itu menyalahgunkan izin berobat dari lapas sukamiskin. Di bulan Desember tahun 2016, disebutkan ia sering keluar masuk lapas.
    Ia bahkan dikabarkan pernah pergi ke suatu apartemen di Bandung, kemudian keluar bersama seorang wanita, dan menumpang mobil untuk kembali ke Lapas Sukamiskin setelah menghabiskan 13 jam di lapas tersebut.
  4. Rachmat Yasin
    Terbukti menerima suap hingga mencapai angka Rp4,5 miliar lahan tanah seluas 2.754 hektar, ia dihukum penjara selama 5 tahun 6 bulan penjara dan danda Rp300 juta subsider 3 bulan penjara, di tahun 2014.
    Ia pernah dikabarkan pelesiran dan menginap di sebuah rumah di Panorama Alam Parahyangan Bandung, Desember 2016 lalu. Ia dinyatakan bebas Mei 2019 kemarin.
  5. Romi Herton
    Romi Herton merupakan mantan Wali Kota Palembang. Ia adalah salah satu kepala daerah yang dijerat KPK terkait skandal Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Akil Mochtar di tahun 2013.
    Ia disebutkan pernah pulang kampung tanpa pengawalan bahkan sampai dua kali. Padahal, ia masih dalam masa tahanan di Lapas Sukamiskin. Aksinya ini dilakukan dua kali di bulan November dan Desember 2016. Ia juga pernah pergi ke sebuah rumah di Jalan Kuningan Raya, Antapani Tengah Bandung, tempat di mana istri mudanya, Lisa Zako, tinggal. Karena kasusnya tersebut, ia dipindahkan ke Lapas Gunung Sindur pada bulan Februari 2017.
    Bulan September 2017, ia yang masih menjadi tahanan meninggal dunia di rumah sakit Hermina, Serpong.
  6. Tubagus Chaeri Wardhana (Wawan)
    Adik mantan gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah ini sering mengajukan izin berobat pada tahun 2018. Bahkan, suami Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany ini juga dikabarkan sering memanfaatkan izin berobat untuk bertemu keluarga dan menginap di hotel bersama wanita.