Spread the love

BataraNews.com-Provinsi Lampung juga digadang-gadang menjadi calon ibu kota Republik Indonesia. Tokoh masyarakat Lampung yang juga Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu itu dalam upaya menyuskeskan provinsi paling selatan di Pulau Sumatera itu menggantikan DKI Jakarta. Saat ini Ryamizard ikut mengkaji pemindahan ibu kota RI ke Kawasan Timur Lampung (Katila). Ia akan membahas gagasan membentuk DKI Lampung secara profesional dan komprehensif bersama Tim Panja FGD DKI Lampung di Lampung dalam waktu dekat. 

Menurut Ryamizard, kajian DKI-Lampung secara keseluruhan sudah lengkap. Namun secara geopolitik, sosio budaya dan hankam harus ditaja dan dipertajam lagi. Sebagai pribadi dan tokoh masyarakat Lampung, Ryamizard Ryacudu menyatakan dirinya cukup antusias untuk memindahkan ibu kota RI.

Beliau juga menghimbau semua anak bangsa mendukung keputusan strategis pemindahan IKN RI untuk mewujudkan kesejateraan sosial yang adil dan beradab, serta akhiri disitegritas bangsa dengan membangun persatuan nasional. “Ini momentum kita semua jangan sampai berlalu tanpa finishing yang kaya manfaat dan berguna bagi seluruh rakyat indonesia di manapun berada,” katanya.

Saat ini Tim Panja FGD DKI Lampung dipekuat oleh mantan Ketua KADIN Lampung, Ary Meizary, sebagai sekretaris. Posisi wakil ketua diduduki Bustami Zainudin yang merupakan mantan Bupati Waykanan yang baru-baru ini terpilih menjadi DPD RI. Lalu Kepala Kesekretariat diduduki Dedy Rokhman, Deputi Networking and Land Survey Ahmad Muslimin, dan anggota Joni Fadli.(Fahad Hasan)