Spread the love

BataraNews.com – Membuat proposal adalah keterampilan yang sangat dibutuhkan dalam berbagai kegiatan, misalnya untuk mendaftarkan diri di perguruan tinggi, mengelola bisnis, atau bekerja di bidang geologi.

Pada umumnya, proposal akan dikirimkan kepada orang yang tepat untuk meminta dukungan atas rencana proyek tertentu. Penerima proposal kemungkinan besar akan menyetujui ide atau gagasan yang disampaikan jika hal tersebut dikomunikasikan dengan jelas, lugas, dan cerdas.

Salah satu cara meraih kesuksesan dalam melaksanakan berbagai proyek adalah dengan membuat proposal yang menarik dan meyakinkan, misalnya proposal ilmiah atau penulisan buku. Proposal harus dibuat sesuai kebutuhan, tetapi panduan penulisan proposal pada dasarnya sama.

Mempersiapkan Penulisan

PERTAMA, Tentukan siapa yang akan membaca proposal.

Sebelum menulis, tentukan dahulu kepada siapa proposal harus dikirim dan hal-hal apa saja yang sudah atau belum ia ketahui tentang rencana Anda. Pikirkan juga apakah pembaca adalah orang yang sibuk, hanya sekilas membaca proposal, dan tidak sempat mempertimbangkan gagasan Anda. Setelah itu, berusahalah menyampaikan gagasan dan rencana Anda secara persuasif, efektif, dan efisien dengan menjawab pertanyaan berikut:

  • Siapa yang akan membaca proposal Anda? Seberapa jauh ia memahami topik yang Anda bahas? Apakah Anda perlu menjelaskan atau memberikan lebih banyak informasi?
  • Apa yang Anda harapkan dari pembaca setelah mengirimkan proposal? Apa yang harus Anda sampaikan agar pembaca proposal mengambil keputusan sesuai ekspektasi Anda?
  • Pilihlah kata-kata yang tepat agar materi proposal sesuai dengan ekspektasi dan minat pembaca. Sebelum menulis proposal, pertimbangkan ekspektasi pembaca, cara yang paling efektif agar penerima proposal berminat membaca, dan cara terbaik agar pembaca memahami apa yang Anda sampaikan.

KEDUA, Definisikan isu yang ingin Anda sampaikan.

Anda sudah memahami isu yang ingin disampaikan, tetapi pastikan pembaca juga mendapatkan pemahaman yang sama. Selain itu, pikirkan apakah pembaca merasa yakin bahwa Anda memahami dengan baik isu tersebut.

Untuk menunjukkan etos penulisan yang baik, dukunglah penjelasan Anda dengan memberikan bukti atau data. Setelah mendefinisikan isu yang ingin Anda bahas, berusahalah meyakinkan pembaca bahwa Andalah orang yang paling tepat untuk melaksanakan proyek dalam proposal.

Sebelum menulis, pertimbangkan hal-hal berikut:

Apa tujuan Anda menulis proposal? ;

Apa sebabnya Anda ingin menulis proposal?;

Apakah Anda yakin bahwa alasan tersebut adalah penyebabnya, bukan yang lain? Apa yang membuat Anda merasa yakin?;

Apakah orang lain sudah pernah membahas isu yang sama?
Jika ya: apakah berhasil? Apa sebabnya?
Jika tidak: mengapa?

TIPS :


Jangan memberikan informasi yang sudah diketahui oleh semua orang.
Tunjukkan bahwa Anda sudah melakukan riset dan evaluasi mendalam untuk memahami isu yang dibahas dalam proposal.

KETIGA, Tentukan solusi yang Anda inginkan. 

Sampaikan penjelasan dengan kata-kata yang lugas dan mudah dipahami. Setelah menentukan isu yang akan Anda sampaikan, ungkapkan solusi yang Anda inginkan. Usulkan solusi menggunakan kalimat singkat yang efektif.

  • Jelaskan problem yang Anda hadapi dan usulkan solusi yang mampu meyakinkan siapa pun yang membaca proposal Anda, termasuk orang skeptis yang tidak tertarik dengan rencana Anda.[ Berikan solusi logis yang bermanfaat dengan jadwal yang jelas sebab ada kemungkinan pembaca proposal bukan orang yang mudah dipengaruhi.
  • Pikirkan solusi yang mendukung tercapainya tujuan Anda. Tujuan primer adalah tujuan yang harus Anda capai dan tujuan sekunder adalah tujuan lain yang ingin Anda capai dengan melakukan proyek yang dijelaskan dalam proposal.
  • Pertimbangkan solusi lain yang bermanfaat dalam konteks “pencapaian” dan “hasil”. Pencapaian bisa diartikan sebagai bukti kuantitatif bahwa tujuan Anda sudah tercapai. Contohnya: jika Anda ingin mengajukan proposal bisnis dengan tujuan “meningkatkan profit”, pencapaiannya adalah “peningkatan profit Rp100.000.000”. Hasil adalah produk atau jasa yang Anda berikan dengan melaksanakan proyek. Contohnya: hasil dari proyek ilmiah adalah vaksin atau obat baru. Ingatlah bahwa pembaca proposal biasanya ingin mengetahui pencapaian dan hasil dari proyek yang Anda rencanakan agar ia lebih mudah menentukan manfaat yang akan diperoleh dari proyek tersebut.

TIPS :

Jangan mengabaikan persyaratan yang ditentukan untuk penulisan proposal.

Manfaatkan dana yang tersedia secara maksimal sesuai anggaran.

KEEMPAT, Gunakan gaya bahasa yang tepat.

Pilihlah gaya bahasa sesuai tujuan proposal dan pembacanya. Pertimbangkan ekspektasi dan interes pembaca untuk menentukan solusi atas problem Anda.

Apakah Anda memilih gaya persuasif? Proposal yang memengaruhi emosi mungkin akan lebih meyakinkan, tetapi Anda harus lebih mengutamakan penyajian fakta sebagai dasar argumen.

Contohnya: proposal program konservasi panda bisa dimulai dengan mengungkapkan betapa sedihnya jika anak-anak generasi mendatang tidak bisa melihat panda, tetapi pernyataan Anda tidak boleh berhenti di sini. Agar lebih meyakinkan, berikan argumen atas fakta dan solusi yang Anda sampaikan.

TIPS :


Jangan menggunakan jargon, singkatan yang tidak baku, atau kalimat yang sulit dipahami, misalnya: rektifikasi ketidakseimbangan di tempat kerja.
Gunakan kalimat singkat yang mudah dipahami, misalnya: memberhentikan karyawan.

KELIMA, Buatlah Kerangka Proposal

Kerangka proposal bukan bagian dari proposal final. Anda akan lebih mudah memikirkan hal-hal penting dengan membuat kerangka proposal. Pastikan Anda sudah memiliki informasi mendetail sebelum menyusun proposal.

Buatlah kerangka proposal dengan menulis: problem yang Anda hadapi, solusi yang Anda usulkan, cara mengatasi problem, mengapa solusi tersebut paling tepat, dan kesimpulan. Jika Anda ingin menyusun proposal bisnis, lampirkan analisis anggaran keuangan dan manajemen organisasi secara mendetail.

RANGKUMAN

5 Poin Persiapan Penulisan Proposal:
1. Kepada Siapa Proposal ditujukan
2. Kuasai Isu/tema yang diangkat
3. Berikan Solusi yang menarik
4. Kuasai Gaya Bahasa yang tepat
5. Buat Kerangka Proposal yang baik

Contoh Proposal :

Klik Link ini