Spread the love

BataraNews.com – Itulah barangkali kata yang tepat untuk menggambarkan ambrolnya elektabilitas Jokowi pasca debat malam ini.

Jokowi seperti anak semester satu yang mendapatkan mata kuliah Pengantar Hubungan Internasional dan Pertahanan Keamanan dari prajurit abadi TNI, Prabowo, yang malam ini tampil luar biasa.

Jokowi selalu terbata bata karena kehabisan narasi. Beliau kelihatannya sangat tegang. Lebih banyak menunduk dan mengernyitkan dahi. Terlihat sangat lelah. Apalagi ketika berkali kali pak Prabowo mengkritik soal data dari “ABS”.

Mungkin karena menyadari ketidakmampuan dan sudah ambrol total, di sesi kata penutup debat Jokowi terlihat lunglai. Ia sebetulnya masih punya sekian menit waktu, tapi ia tercekat dan menyudahinya.

Jokowi menyadari permainan sudah selesai. Di barisan TKN, tampak wajah wajah lesu tak bergairah. Dikata penutupnya, Jokowi mulai merendah dan mengaku sebagai “sahabat” Prabowo.

Dan, dengan ksatria, Prabowo mencoba menguatkan Jokowi dan mengangkat moralnya yang betul-betul jatuh terpuruk malam itu, dan hari hari berikutnya.

Akhirnya, rakyat malam ini menyaksikan mana yang bener bener otentik dan mana yang hanya tebal dengan kosmetik.

Sesama anak bangsa tetap bersatu, jangan baper, tetap santai dan sejuk. Jaga persahabatan dan kebersamaan karena ini nomor satu. Pilpres itu nomor dua.(*)

*)IR CAUNA MUJANCI, pengamat sosial.