Spread the love

BataraNews.com – PM Malaysia, Mahathir Mohamad, mengaku tidak mengetahui ada lobi dari Indonesia untuk pembebasan terdakwa pembunuhan Kim Jong-Nam, Siti Aisyah. Dia menyebut pembebasan Siti Aisyah adalah murni urusan hukum.

“Saya tak dapat maklumat (saya tidak tahu ada lobi .red),” kata Mahathir dalam konferensi pers di Parlemen Malaysia, Selasa (12/3) seperti ditayangkan The Star Online lewat akun Youtube-nya.

Menurut Mahathir, pembebasan Siti Aisyah berdasarkan keputusan pengadilan. Prosesnya sesuai hukum yang berlaku.

Sebelumnya diberitakan, pemerintah Indonesia menyatakan bebasnya Siti Aisyah tidak lepas dari lobi-lobi yang dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) hingga menteri/kepala lembaga terkait sejak era Perdana Menteri Malaysia Najib Razak hingga kini dijabat Mahathir Mohamad. 

Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly bahkan mengakui sampai menemui Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad dan Peguam Negara (Jaksa Agung) Malaysia Tommy Thomas.

“Saya juga sudah bertemu PM Mahatir ketemu Jaksa Agung (Malaysia) juga, dalam surat kami kami minta kepada Jaksa Agung Malaysia untuk membebaskan beliau dengan tiga alasan, Siti Aisyah melakukan untuk kepentingan reality show, kedua Siti Aisyah dikelabui, ketiga dia sama sekali tak dapatkan keuntungan dari apa yang dilakukannya,” kata Yasonna dalam konferensi pers di Bandara Halim Perdanakusuma saat mengantar Siti Aisyah ke tanah air, Senin (11/3).

Upaya ini, menurutnya, membuahkan pencabutan tuntutan oleh jaksa penuntut di Pengadilan Shah Alam. Siti Aisyah dinyatakan bebas.(*)