Spread the love

BataraNews.com – Sugar Group Companies itu adalah sebuah grup pabrik gula yang beroperasi di Lampung Tengah, Propinsi Lampung. Grup ini terdiri dari PT. Gula Putih Mataram -PT. GPM, PT Sweet IndoLampung -PT. SIL-, PT. Indolampung Perkasa -PT. ILP-, dan PT. Indolampung Distillery -PT.ILD-.

Semua perusahaan ini dulunya terpisah, sebelum akhirnya diakuisisi oleh Grup Garuda Panca Artha untuk kemudian digabungkan menjadi Sugar Group Companies.

Salah satu merk yang terkenal dari Sugar Group Companies ini adalah GULAKU, gula pasir dalam kemasan yang menggunakan simbol ibu-ibu tradisional itu.

Nah, untuk berbagi dengan para karyawannya, sebelum SGC berdiri, telah ada yang namanya yayasan pendidikan tersendiri bagi anak-anak karyawan di perusahaan masing-masing. Datangnya pemilik SGC, atas nama Ibunda Rachmiwaty beserta kedua anaknya Bapak Gunawan Jusuf dan Bunda Lee Couhault dan tentunya keluarga besar, sistem pendidikan di kawasan SGC pun mulai dirombak.

Sebuah Sekolah Sugar Group Company didirikan pada tahun 2005, di atas lahan seluas 5 hektar, dengan biaya pembangunan sebesar 200 Milyar. Bener-bener mewah mutu bangunan dan fasilitas pendukung sekolah ini. Biaya ini akan terus bertambah seiring dengan ditambahnya fasilitas-fasilitas baru di sekolah tersebut.

Terletak di kampung Mataram Udik, di Kabupaten Tulang Bawang, Propinsi Lampung, dari Bandara Raden Intan Lampung, kita harus naik mobil lagi untuk sampai ke tujuan, jarak tempuh kurang lebih 3 jam. Sebelum sampai ke sekolah ini kita akan melalui hamparan kebun tebu yang luasnya ribuan hektar.

berikut ini adalah beberapa fasilitas mewah dari sekolah tersebut seperti dilansir laman kapanlagi.com.

  • Bangunan mewah

Karena telah berstandar internasionl sekolah ini memiliki bangunan yang sangat mewah. Semua tersedia di sekolah ini dariruang kepala sekolah, ruang wakil kepala sekolah, meeting room, dan teacher longue. Semua ruangan tersebut memiliki sarana dan prasarana yang sangat komplit, seperti televisi, pendingin ruangan dan lukisan-lukisan yang sangat cantik. Bahkan tempat khusus tenaga keamanan juga memiliki pendingin ruangan.

Sekolah Sugar Group
Ruang Perpustakaan
Toilet Sekolah

Selain itu, perpustakaan yang ada di sana juga terlihat sangat nyaman dan memiliki koleksi buku yang lengkap. Sekolah ini juga memiliki kolam renang, dance room, fasilitas outbond, dan bahkan wall climbing. Rest areayang disediakan juga sangat berkelas ala pusat perbelanjaan di kota besar.

  • Menjujung kesetaraan siswa

Sebagaimana diketahui, para siswa yang bersekolah di tempat ini merupakan anak karyawan SGC dari level manajer hingga buruh ladang. Untuk menghindari kesenjangan sosial antar para siswa sekolah memberikan seragam, tas dan sepatu yang sama persis untuk semua siswanya.

Selain itu, sekolah juga melarang para siswa untuk menggunakan kendaraan bermotor pribadi untuk ke sekolah. Sebagai gantinya kebanyakan siswa akan menggunakan sepeda untuk pergi ke sekolah. Dengan begitu tidak ada siswa yang bisa menyombongkan diri atas kekayaan orang tuanya.

  • Cafetaria dengan menu lengkap

Jika KLovers sering menonton drama asia atau kartun jepang, pasti terbayang bagaiama enaknya makan siang di cafetaria sekolah yang menunya beragam. Di sekolah SGC ini setiap siswa diberi makan sebanyak 4 kali sehari. Mereka mendapat makan siang dan malam serta coffee breakdua kali.

Tak tanggung-tanggung, menu yang disediakan sangatlah lengkap. Untuk makan siang dan malam, cafetaria akan memberikan menua 4 sehat 5 sempurna. Sedangkan untuk coffee break mereka mendapat kudapan yang sangat menggiurkan. Semua itu mereka peroleh secara gratis dari pihak sekolah.

Cafetaria
  • Wajib berbahasa Inggris

Karena sudah bertaraf internasional baik tenaga pengajar maupun siswa diwajibkan menggunakan Bahasa Inggris di dalam lingkungan sekolah. Buku pelajaran yang mereka gunakan juga menggunakan Bahasa Inggris.

Selain itu, mereka juga diberi student handbook yang nantinya berfungsi untuk menghubungkan kegiatan siswa dengan orang tua dan wali kelas. Mereka akan menuliskan apa saja kegiatan mereka selama di sekolah. Student handbook ini juga harus ditulis menggunakan Bahasa Inggris.

  • Tidak dipungut biaya apapun

Meski memiliki begitu banyak fasilitas, sekolah swasta ini ternyata gratis, loh. Orang tua murid tidak harus membayar biaya pendidikan apapun di sekolah ini.

Sekolah ini memang dibangun untuk memberikan fasilitas pendidikan pada karyawan yang terpaksa harus menetap jauh dari peradaban. Oleh sebab itu, Sekolah ini tak memungut biaya apapun dari para orang tua murid.(*)