azki 26/12/2018 2:48 PM
Spread the love

BataraNews.com – Nael Barghouthi kini menjadi simbol perlawanan dan keteguhan setelah dirinya kembali masuk penjara setelah 3 tahun lamanya menghirup udara bebas dari penjara Israel yang merampas hak hidupnya selama 39 tahun lamanya.

Kisahnya berawal ketika diusianya yang belum genap 19 tahun. Barghouthi harus digiring ke penjara Israel sebagai tahanan Politik dan divonis penjara seumur hidup pada 4 April 1978.

Nael Barghouti lahir pada tanggal 24 Oktober 1957, di desa Kober, pinggiran kota Ramallah, di wilayah tengah tepi Barat.

Setelah 12 hari ditawan, penjajah Zionis Israel menangkap kakaknya bernama Omar dan sepupunya Fakhri.

Ketiganya dihukum penjara seumur hidup dengan dalih telah membunuh seorang perwira militer Israel di Utara Ramallah, membakar pabrik minyak dan dituduh melakukan pengeboman di sebuah kafe di wilayah Al Quds.

Hidup Dipenjara pada April 1978, kemudian dibebaskan dalam kesepakatan pertukaran tahanan 2011 sebelum ditangkap kembali tiga tahun kemudian, membuat Barghouthi masuk ke dalam Guinness World Record untuk tahanan politik terlama di dunia.

Setelah dibebaskan pada tahun 2011, Barghouthi mencoba untuk kembali ke kehidupan normal – tetapi ia telah melewatkan satu generasi. Gaya hidup sederhana yang dia tahu beberapa dekade sebelumnya telah berubah; banyak orang yang dicintainya mati, dan bangunan-bangunan dan ladang-ladang yang dikenangnya semasa kanak-kanak telah berubah oleh pembangunan kota.

Dalam beberapa tahun kebebasannya, Barghouthi bekerja di kebun zaitun, menyiram, memotong dan memetik hasil panen. Pekerjaan itu memberinya sedikit waktu untuk menikmati kedamaian: ia ditangkap lagi pada musim panas 2014 dan dijatuhi hukuman 30 bulan penjara karena tuduhan yang dibuat-buat yaitu melanggar ketentuan pembebasannya. Sama seperti ia akan dibebaskan, pengadilan militer Israel mengeluarkan perintah untuk mengembalikan hukuman seumur hidupnya, ditambah 18 tahun tambahan.

Empat dekade adalah waktu yang lama untuk hidup dalam kesakitan, kesedihan, penindasan, dan kekurangan. Berapa banyak orang yang lahir pada masa itu, dan berapa banyak yang meninggal?

Kisah Barghouthi, dan penderitaannya selama beberapa dekade ini, menimbulkan banyak pertanyaan. Kok, ada seseorang yang begitu kuat dan tabah dalam menghabiskan hampir seluruh hidupnya di penjara.

Barghouti memang tidak sendirian dalam menghadapi kezaliman Israel yang telah banyak melanggar hak-hak kemanusiaan ini. ada lebih dari 5.600 tahanan politik Palestina, ratusan di antaranya menjalani hukuman seumur hidup. Lusinan perempuan dan ratusan anak termasuk di antara mereka yang ditahan.

Namun yang membuat Barghouti menjadi ikon ketabahan dan legenda dipenjara adalah sikap dan keyakinannya yang selalu optimis dengan janji Allah SWT sehingga sempit dan gelapnya penjara tidak menghilangkan senyum dan raut wajahnya yang cerah.

Seorang saksi mata yang pernah berbicara langsung dengan Barghouti setelah pembebasannya tahun 2011 bercerita, ia tidak mendengar suara orang pemurung dan sedih yang diakibatkan oleh penderitaannya selama bertahun-tahun dipenjara. Namun, ia malah mendengar suara yang bersemangat dan kuat, penuh harapan dan energi positif.

Atas keteguhan dan optimisme inilah Abu Ubaidah, juru bicara Brigade al-Qassam pada Selasa (20/11/2018) malam mengirimkan salam jihad kepadanya dengan mengatakan “Salam jihad untuk legenda penjara serta ikon perlawanan dan ketabahan, Nael Barghouthi. Kami katakan padanya, sebagaimana kami patahkan belenggu dalam pertukaran tawanan, maka kami akan patahkan hidung penjajah Israel, dan anda akan mendapatkan kebebasan kembali.” (azk)