Spread the love

BataraNews.com – Baru-baru ini beredar foto-foto atau video singkat Presiden Jokowi tengah berpose di beberapa titik Bencana yang baru saja terjadi di pesisir Banten.

Foto-foto dan video singkat tersebut sontak menjadi pembicaraan hangat warganet karena dinilai sebagai upaya pencitraan Jokowi saja.

Meskipun Jokowi akhirnya menyambangi korban Tsunami Banten di salah satu titik evakuasi/penampungan, namun warga Banten menilai Jokowi pilih-pilih tempat.

Menurut pengakuan warga setempat yang juga menjadi korban Tsunami, ada beberapa titik yang hanya dilewati saja oleh rombongan Jokowi.

Badan SAR Nasional (Basarnas) pernah mengimbau masyarakat untuk tidak hanya berfoto atau selfie di lokasi bencana. Hal itu pernah disampaikan oleh Humas dan Protokoler Basarnas Bandung, Joshua, pada saat terjadi bencana banjir bandang Kabupaten Garut, Jawa Barat, karena memberi kesan tidak menghargai warga yang sedang dilanda musibah.

“Harap diingatakan atau ditegur. Bagi masyarakat yang hanya berfoto. Mari kita jaga perasaan korban yang terkena bencana,” kata Joshua, seperti yang dikutip dari Antara pada Minggu (25/9).

Komandan Posko Penanggulangan Bencana Garut, Letkol Arm Setyo Hani Susanto, juga setuju agar masyarakat bisa menjaga perasaan korban dengan tidak berfoto di lokasi banjir bandang.

Setyo menceritakan, selama tanggap darurat, ada banyak masyarakat, bahkan yang mengatasnamakan kelompok atau organisasi tertentu, berfoto bersama dengan latar belakang daerah terdampak banjir.

“Berfoto latar belakangnya ada petugas dan korban di lokasi bencana. Itu tentu saja menyakiti perasaan,” kata Setyo dengan nada kesal.

Ia menambahkan, ada juga kelompok masyarakat yang datang menyerahkan bantuan. Beberapa diantaranya datang dengan iringan kendaraan mewah. Namun setelah itu, kata Setyo, kelompok tersebut berfoto dengan riuh.

“Berfoto lalu teriak-teriak. Saya sudah dokumentasikan itu. Saya sendiri saja tidak mau memperlihatkan gigi saya (senyum) di lokasi,” kata Setyo, yang juga menjabat sebagai Komandan Kodim 0611 Garut seperti dilansir laman CNN. (azk)