Spread the love

BataraNews.com – Menteri Keuangan Sri Mulyani menyatakan bahwa Utang Indonesia saat ini masih belum mengkhawatirkan kondisinya dibanding dengan negara-negara lain seperti Amerika dan Jepang.

Pernyataan ini dia ungkapkan saat memberi kuliah umum di Kampus Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN), Tangerang Selatan, Senin (17/4/2017).

“Kalau kita lihat, Rasio utang kita memang cukup tinggi, tapi tidak tinggi-tinggi amat dibandingkan dengan negara lain, kalau dihitung itu dari hampir 260 juta penduduk, kira-kira utang kita US$ 997 AS ( atau sekitar Rp. 13 juta jika kurs Dollar Rp.13000 )  per kepala,” kata Sri Mulyani.

Sri Mulyani mengatakan dengan kondisi setiap 1 penduduk Indonesia menanggung utang negara Rp.13 juta tersebut tidak terlalu membebani masyarakat Indonesia yang rata-rata populasinya sebagian besar adalah golongan produktif atau di usia kurang dari 30 tahun.

“Kalau anda jadi orang Amerika Serikat, di sana setiap kepala menanggung utang US$ 62.000. Sedangkan kalau di Jepang sebesar US $85.000 per kepala,” terang Sri Mulyani.

“Di Jepang itu US$ 85.000 per kepala dan jangan lupa kalau Jepang itu adalah populasinya yang aging, orangnya yang sepuh, sudah tua, jadi untuk mereka masih punya utang US$ 85.000 per kepala tapi hidupnya tinggal beberapa tahap ke depan,” tutupnya.(azk)