Benarkah Reuni Alumni 212 hanya dihadiri ribuan orang ? Ini Faktanya

Spread the love

BataraNews.com – Hajatan umat Islam Indonesia yang baru saja berakhir siang tadi di Monas (Ahad, 2/12/2018) berlangsung sukses, aman dan tertib. Dari pantauan tim redaksi BataraNews yang mengikuti reuni Alumni 212 dari pagi tadi hingga acara usai, jumlah peserta aksi reuni Alumni 212 begitu membludak dan diperkirakan jumlahnya jutaan peserta.

Beberapa media online merilis berita jika jumlah peserta reuni alumni 212 berdasarkan info dari panitia reuni 212 kali ini mencapai 8 – 10 jutaan yang hadir, namun banyak pula media maupun pengamat menyangsikan jika jumlah peserta reuni Alumni 212 tersebut mencapai angka jutaan apalagi 10 jutaan. Mereka bilang ‘gak mungkin.

Bahkan, Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Polisi Argo Yuwono menjelaskan, jumlah peserta Reuni 212 di Monas Jakarta bukan 8 juta orang, tapi 100 ribu orang.

“100 ribu,” tulis Argo Yuwono dalam pesan singkatnya pada Tagar News, Minggu sore (2/12).

Sindiran tajam juga ikut disampaikan oleh politikus Partai Solidaritas Indonesia Mohamad Guntur Romli melalui akun Twitter @GunRomli. Dia membandingkan dengan peserta menari poco-poco yang memecahkan rekor dunia.

“65 ribu orang menari poco-poco di Jakarta untuk memecahkan rekor dunia Guinness,  ini dari Silang Monas, Jl Thamrin, Bunderan HI, Jl Sudirman “hanya” 65 ribu, ini 212 cuma di Monas klaim 5 juta – 10 juta, “mark up” kebanyakan,” kata dia.

Cuitan-cuitan pemerhati politik Denny Siregar untuk menyindir jumlah peserta aksi lebih vulgar.

‏”Kalau jumlah peserta 40 ribu aja di markup sampai 8 juta, gak bisa bayangin ketika mereka kelak menguasai negara,” kata @Dennysiregar7.

Tergelitik dengan jumlah peserta reuni alumni 212 kali ini, kami mencoba menghitung dengan versi kami sendiri dengan menggunakan data-data yang bisa diambil dari berbagai sumber dan pengolahan, maka hasilnya didapat sebagai berikut :

1 . Data KRL yang dirilis hari ini (2 /12/2018)  hingga jam 1o pagi ini yang menghitung jumlah penumpang yang turun di stasiun Gondangdia dan stasiun Juanda berjumlah 87.729 penumpang. (sumber : https://news.detik.com/berita/4326897/ada-reuni-212-volume-pengguna-krl-meningkat-hingga-15-kali-lipat).

2. Menurut Data Kepolisian, Daya tampung monas dapat menampung maksimal hingga 700.000 orang (sumber : https://www.liputan6.com/news/read/2663676/kapolri-monas-bisa-tampung-700-ribu-demonstran-2-desember) . Sedangkan menurut pantauan kami, pada sekitar jam 9 pagi, massa yang datang dengan berkelompok-berkelompok ke arah monas, terhenti pergerakannya di sekitar Wisma Antara Jalan H. Agus Salim.

3. Menurut pantauan kami dilapangan, jumlah bus yang parkir  untuk mengantar peserta reuni 212 tidak hanya disekitaran monas saja namun lebih jauh lagi. taksiran sementara ada lebih 100 bus yang parkir di banyak titik. Jika 1 bus diisi rata-rata 100  orang (ada yang berdiri) maka ada lebih 10.000 orang menggunakan bus ke acara reuni 212.

Untuk data-data lainnya kami belum bisa menampilkan karena terkait sumber informasi yang belum ada secara akurat, namun hanya menghitung ketiga data diatas saja, jumlah taksiran sudah sekitar 800 ribuan peserta yang hadir. Namun, dari pengamatan langsung di lapangan, kami memiliki pendapat jika jumlah sebenarnya jauh lebih banyak dari taksiran yang ditampilkan disini. (azk)