Pelaku Usaha disebut Peneliti lebih Sehat daripada kaum Pekerja, Ini Alasannya

Spread the love

BataraNews.com – Baru-baru ini sebuah penelitian yang dilansir dari Forbes, menyebutkan bahwa kerja otak menjadi lebih baik bagi mereka yang memutuskan  untuk berwirausaha.

Menurut studi dari ekonom Universitas Groningen Belanda Milena Nikolova, seperti dilansir dari kompas.com,  seseorang yang menjadi pengusaha karena “kebutuhan”, dari pengangguran menjadi berusaha sendiri,  hanya akan mengalami peningkatan mental, tetapi fisik mereka tidak meningkat. Namun, bagi mereka yang membuka usaha karena “peluang”, yakni seseorang yang awalnya mempunya pekerjaan rutin menjadi wirausaha, akan mengalami peningkatan mental dan fisik. Walaupun keuntungan fisik ini tidak mempengaruhi secara langsung pada pendapatan usaha, tapi hal ini tentu baik bagi tubuh Anda.

Yang terpenting sebut Milena, hal tersebut memang tidak bisa dijelaskan oleh adanya penambahan pendapatan. Akan tetapi akan berpengaruh pada kondisi non keuangan dari yang bersangkutan dan juga berimplikasi pada teori dan praktik kewirausahaan baik untuk pengusaha maupun pembuat kebijakan. Milena sendiri telah mempelajari kesejahteraan terkait dengan pekerjaan, melihat data yang dihimpunnya di Jerman dari tahun 2012 hingga 2014. Dia mengatakan, penelitiannya memberikan bukti penyebab pertama konsekuensi kesehatan fisik dan mental dari membangun usaha sendiri.

Menurut dia, orang yang membuka usahanya sendiri melihat adanya manfaat kesehatan. Di antaranya yakni catatan menunjukkan seorang entrepreneur menikmati kepuasan kerja yang meningkat terkait dengan kontrol atas pekerjaan mereka. Sementara itu, bantuan untuk membuka usaha atau hibah dapat mendorong para pengusaha membantu meningkatkan hasil kesehatan mental dan fisik di masyarakat.

Rasulullah SAW, jauh sebelum penelitian tersebut sudah memberikan ‘wejangan’ tentang keutamaan berwirausaha. Beberapa hadits yang mashur dapat kita lihat berikut ini.

Hendaklah kalian berdagang karena berdagang merupakan sembilan dari sepuluh pintu rizki.

“Pedagang yang senantiasa jujur lagi amanah akan bersama para nabi, orang-orang yang selalu jujur dan orang-orang yang mati syahid.” (HR. Tirmidzi, Kitab Al-Buyu’ Bab Ma Ja-a Fit Tijaroti no. 1130)

Dari Rafi’ bin Khadij radhiyallahu ‘anhu, ia berkata: Ada seseorang bertanya, “Penghasilan apakah yang paling baik, Wahai Rasulullah?” Beliau jawab: “Penghasilan seseorang dari jerih payah tangannya sendiri dan setiap jual beli yang mabrur.” (HR. Ahmad di dalam Al-Musnad no.16628)

Semoga dengan banyaknya kebaikan dan keberkahan dalam wirausaha dapat menambah motivasi kita untuk tidak takut terjun berwirausaha. (yus)