Belasan Gempa Kecil Getarkan Sulawesi Selatan

Spread the love

BataraNews.com – Tiga wilayah di Sulawesi Selatan dari 2 hari terakhir diguncang gempa ringan berkekuatan 2.6 skala Richter hingga 4.8 skala Richter. Tiga wilayah tersebut adalah Bulukumba, Selayar dan Bantaeng.

Dilansir dari laman resmi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Stasiun Geofisika Wilayah IV Makassar, gempa berkekuatan kecil ini telah mengguncang Kabupaten Bulukumba sejak pukul 00 15.07 wita hingga pukul 15.39.27 wita.

Selama dari tanggal 6 oktober 2018 hingga 7 Oktober 2018 kemarin sedikitnya telah tejadi gempa sebanyak 14 kali yang terjadi di Bulukumba sebanyak 11 kali gempa, 2 kali gempa di Bantaeng dan 1 kali gempa di Selayar.

Joharman menyebutkan bahwa ditinjau dari kedalamannya, gempa bumi ini merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Walanae di wilayah Bulukumba, Sulawesi Selatan.

Dampak gempa bumi ini berupa goncangan keras dirasakan di wilayah Bulukumba, Selayar dan Bantaeng. Sementara untuk hasil koordinasi hingga saat ini, belum ada informasi adanya kerusakan akibat gempa bumi tersebut.

Dari kemarin memang sensor kami mendeteksi aktivitas seismis di sekitar Bulukumba, Selayar dan Bantaeng,” terang  Prakirawan BMKG wilayah IV, Kaharuddin dikutip dari laman Tribun.

“Diharapkan sih tidak memicu gempa yang lebih besar lagi. Tapi kita harus tetap mewaspadai hal tersebut,” tuturnya. (azk)