Relawan, BNPB dan TNI Lanjutkan Pencarian Korban yang Hilang Pasca Gempa dan Tsunami Palu

Spread the love

BataraNews.com – Akibat Gempa dan Tsunami yang menerjang Palu dan sekitarnya menyisakan kerusakan  yang sangat parah di wilayah tersebut. Hingga saat ini baru ada sekitar  seribuan jenazah yang dapat dievakuasi.

Para Relawan yang langsung diterjunkan ke daerah bencana langsung berkoordinasi dengan elemen-elemen terkait untuk melakukan misi kemanusiaan.

Salah satu eleman relawan dari BSM Umat melaporkan jika kondisi di Palu termasuk daerah yang termasuk sangat parah kerusakannya.  Jumlah korban warga di Palu belum bisa diprediksi karena banyak titik belum dievakuasi.

Dikabarkan,  wilayah paling parah kerusakannya dapat ditemukan di  wilayah Perumnas Balaroa ( Jl. Manggis, Jl. Perumnas, Jl.  Kelor dan Jl.  Jon Kamboja ) rata dengan tanah.  Di wilayah  Sigi mengalami banjir bandang longsor. Petobo dari atas Jl. Suharto sampai  rumah sakit Dr.  Marthen sudah jadi bukit lumpur tanah bercampur  puing rumah setinggi 3 hingga 4 meter  dan rumah dan rumah-rumah lainnya pun sudah tidak berbentuk. Korban-korban yang belum ditemukan kemungkinan akan terus bertambah seiring misi pencarian yang terus berlanjut. Wilayah-wilayah lainnya yang ikut terkena Gempa dan Tsunami seperti di wilayah Topi, Tumbelaka, Watusampu hingga Donggala diperkirakan juga telah menelan banyak korban.

Pagi ini para relawan bersama TNI dan BNPB akan bersama-sama melakukan pencarian dan penyelamatan korban di beberapa titik, salah satunya Mall Tatura dan Balaroa.

Selain itu Relawan juga akan melakukan pemakaman terhadap korban jiwa sebanyak 1000 orang. Sebelum dimakamkan, jenazah lebih dulu di identifikasi oleh rumah sakit.

Bagi korban yang selamat, Tim Relawan  akan terus berkordinasi dengan pihak-pihak terkait seperti BNPB dan TNI untuk mengawal pasokan  logistik agar terdistribusi dengan baik.

Penerimaan dan distribusi bantuan  lokasi terpusat di bandara dan pelabuhan. Melibatkan BNPB, BPBD dan relawan.

Saat ini korban yang selamat sangat membutuhkan bantuan logistik seperti makanan, minuman, obat-obatan dan tempat penampungan yang memadai untuk tempat tinggal sementara.

Anda juga dapat ikut  membantu saudara-saudara korban Gempa dan Tsunami Palu  melalui Bank Syariah Mandiri 770 0000 987 a/n Yayasan Bangun Sejahtera Mitra Umat. Atau bisa menghubungi melalui whatsapp 08111 888 465 dan telepon 021 422 8999.(azk)