BataraNews.com – Sepertinya angin aspirasi tuntut perubahan terhadap Indonesia sedang bergejolak di negeri Melayu, Sumatera. Setelah 2 hari sebelumnya Forum Masyarakat Minangkabau telah lebih dulu menyampaikan aspirasinya menuntut Jokowi Mundur dari kursi kepresidennya, kini giliran kaum muda yang diwakili kalangan mahasiswa seolah meneruskan aspirasi tersebut hingga ke gedung DPRD Riau.

Dikabarkan dari laman cakaplah.com, ribuan mahasiswa dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas  Islam Riau (UIR) menggelar aksi demonstrasi di DPRD Riau, Senin (10/9/2018) sore. Mereka menuntut, agar Presiden Joko Widodo untuk diturunkan dari jabatannya.

Selain itu, seperti dilansir laman jawapos.com, mereka membawa boneka pocong dengan foto Jokowi. Setibanya di depan gerbang kantor DPRD Riau, massa sudah ditunggu oleh aparat kepolisian yang berjaga. Namun, aparat tak bisa berbuat apa-apa saat massa memaksa masuk ke halaman DPRD.

Setelah berhasil meringsek masuk, massa mengantungkan pocong itu di sebuah tiang di kantor DPRD Riau. Sementara Bendera Merah Putih mereka turunkan setengah tiang. Tampak pocong tersebut tergantung di tiang itu. Sekitar 15 menit di luar gedung, mereka memaksa masuk ke dalam gedung.

Sempat terjadi aksi saling dorong antara massa dengan polisi dan Satpol PP. Meski begitu, massa berhasil masuk ke dalam gedung sambil membawa serta pocong Jokowi ke dalam gedung. Mereka masuk ke dalam gedung rapat paripurna.

Mahasiswa yang mengenakan almamater berwarna biru tua ini, tiba di gedung rakyat sekitar pukul 14.30 WIB. Mereka datang dengan atribut berupa kain putih bertuliskan ‘Turunkan Jokowi’ yang ditulis dengan cat semprot warna merah.

Mahasiswa tersebut menyoroti lemahnya ekonomi di Indonesia di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo. Seperti disampaikan gubernur mahasiswa Fakultasi Pertanian UIR, Handoyo. Ia menyebutkan saat ini kondisi ekonomi Indonesia melemah. Harga wasit dan karet turun drastis. Masyarakat jadi melarat.

“Ibu bapak kita rata-rata petani. Sekarang harga sawit dan karet turun drastis, dimana peran pemerintah pusat membela kita?” tegasnya. “Turunkan Jokowi, turunkan Jokowi,” seru mahasiswa.(azk)