Iklan Unik Anti Rokok di Arab Saudi

Spread the love

BataraNews.com – Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular Kementerian Kesehatan, dr Lily Sriwahyuni Sulistyowati mengatakan, jumlah perokok di Indonesia saat ini mencapai 90 juta jiwa.

Berdasarkan riset Atlas Tobbaco, ujar Lily, Indonesia menduduki rangking satu dengan jumlah perokok tertinggi di dunia. “Bisa dibilang Indonesia itu juara merokok,” ujarnya, (Republika, 24/5).

Indonesia menduduki rangking pertama dalam jumlah perokok disusul Rusia rangking kedua, kemudia Cina, Filipina, dan Vietnam. Sebanyak dua dari tiga laki-laki di Indonesia adalah perokok.

Jika 90 juta perokok di Indonesia, yang rata² menghabiskan 1 bungkus rokok dalam sehari seharga Rp. 10.000,- misalkan, Maka dalam sehari sebesar 90 juta x Rp. 10.000 = Rp. 900 miliar !

BAYANGKAN ! 900 Miliar dalam sehari dibakar, merusak jantung, paru-paru dan kesehatan lainnya.

Tidak heran kalau di negara-negara di dunia ini gencar mengkampanyekan gerakan anti rokok di negeranya masing-masing. Salah satunya di negara Arab Saudi.

Ada papan iklan anti rokok yang begitu unik dan menggugah. papan iklan yang berbahasa arab itu jika diartikan dalam bahasa Indonesia artinya kurang lebih sebagai berikut :

❝ Sekiranya PARA PEROKOK itu menyedekahkan setiap harinya uang senilai ROKOKnya, niscaya ia akan menjadi manusia paling berbahagia ❞

Alih-alih banyak iklan anti Rokok menghubungkan dengan dampak kesehatan dan penyakit iklan ini malah menyentuh sisi sosialnya sebagai manusia beragama dan berakhlak. Unik Bukan ? (azk)