Ely Yuliantini: Bisnis Kuliner Sangat Prospek di Indonesia

Spread the love

BataraNews.com, Jakarta– Di tengah-tengah kesibukannya, ia tetap mengkoordinasikan anak buahnya. Tak tampak lelah di wajah, yang ada keramahan dan senyum terpandang. Selama 30 tahun, ia mengabdi pada bisnis kuliner, banyak ia dapat petik. “Sejak tahun 1988, saya bekerja di Raden Kuring Restaurant yang terletak di daerah Cikini, Jakarta pusat, sebelum bergabung di Al Jazeerah Restaurant, kata Ely Yuliantini. Dengan motto kesetiaan pada pekerjaan, ia tak akan canggung-canggung untuk memetik hasil. Dengan pakaian blazer merah, terlihat cantik. “ Saya lulus dari fakultas ekonomi, jurusan management, Universitas Borobudur,“ kata Ely.

Menurutnya, jika segala sesuatu kalau dilaksanakan dengan ikhlas, akan berbuah hasil dan amal. “ Saya bekerja diawali pada divisi finance & accounting, jelas Ely. Lalu, ia merangkap HRD, marketing, hingga berakhir di posisi operation manager. Menurut Ely, sangat berpengaruh dalam karier bila kita sudah terjun langsung pada divisi-divisi tersebut. Tambahnya karena dengan, kita menguasai materi maka akan menghasilkan kerja yang maksimal. Tak hanya itu, piala-piala, ia sajikan. Namun, karena suatu hal, investor restaurant tersebut menarik diri dan kembali ke Jerman. Dari situ, ia mempelajari akan management restaurant. “ segala hal harus ditekuni,’ imbuh Ely sambil tersenyum.

Ditambahkannya, pekerjaan merupakan salah satu bagian hari hobinya. Selain traveling, bekerja juga adalah sebagian dari hobynya. Karena itulah, ibu tiga anak ini tetap semangat dalam berkarier. Dengan bangganya, ia mengungkapkan, sempat berkunjung ke negara-negara Timur Tengah, di antaranya Turkey, Mesir, Arab Saudi. “Saya aktif di PHRI lho…,” sambil tertawa. Main ke Istana Negara bukan hal yang baru bagi Ely. Ia mengungkapkan suka diuandang, dalam rangka menata kuliner disana. “Ketemu Pak Harto, Ibu Mega, Pak SBY juga lho…,” tegas Ely.

Selain itu, menurut Ely, ini merupakan amanah orang tuanya. “ Ibu pernah beramanah kepada saya bahwa jika bekerja di suatu tempat, maka saya wajib jujur. Hal itu penting. Karena, Kejujuran adalah pondasi utama untuk membangun kesuksesan dalam berkarier. “Saya hobi mobile, saya bukan tipe yang bekerja di belakang meja,” imbuhnya. Beliau juga berencana akan melanjutkan sekolah untuk mengambil S2.

Bisnis kuliner, menurut Ely, merupakan bisnis yang menyenangkan dan menjanjikan. Jika, kita kelola dengan baik managemennya maka akan menghasilkan hal yang positif, tegasnya. Bahkan, menurut ia dapat memberikan margin yang bagus. Apalagi Indonesia dengan potensi populasi 230 juta orang, maka hal itu merupakan signal positif, tutupnya. ( Fahad Thalib)