Thamra, Butik Asli Kurma

Spread the love

BataraNews.com, Jakarta– Terletak di daerah sekitar kalimalang, tempat yang sangat sejuk. Di penuhi tanaman-tanaman, Thamra Date Palm Fruit namanya. Supermarket asal Arab Saudi, tidak diragukan lagi akan keasliannya. “ Kita disini menjual oleh-oleh haji di antaranya, kurma, kismis, almond, zaitun, dll, ungkap Muhamad Thalib, Marketing Manager Thamra Date Palm Fruit kepada BataraNews.com.

Supermarket ini terletak di jalan Raden Inten II No 18, Duren Sawet, Jakarta Timur, tepat untuk dihampiri. “Kita juga menyiapkan paket paket gift yang terdiri dari macam macam seperti kurma, air zam-zam, kacang,” tegasnya. Produk-produk disini sangatlah menonjol terutama kurma Arab Saudi. “ Di tempat kita yang paling laku adalah kurma Ajwa, yaitu kurma nabi,” kata Muhammad.

Dengan hampir 200 meter persegi, dan jumlah karayawan 25 orang, dapat dikatakan supermarket ini dapat menampung keinginan anda untuk berbelanja.”Tahun depan, insyaAllah, kita akan ekspan lagi, tandasnya. Namun kelelahan para karyawan, terbayar sudah ketika bulan Ramadhan tiba. “Segala, jeri payak kita terbayar di bulan puasa, ungkap Muhammmad sambil tertawa. Tantangannya dalam berkecimbung di bisnis ini, ungkapnya. Dahulu, Thamra dilahirkan tahun 2009, hanya pihak-pihak tertentu saja yang dapat mengimpor. Namun kini, tandasnya, siapapun dapat mengimpor sendiri.

Ketika ditanyakan apa perbedaan antara produk Tanahabang dan Thamra, Muhammad menjelaskan kita lebih eksklusi. “ Kita higienis, dan juga ada tempat-tempat khusus untuk menaruh barang-barang ini, jelasnya. Disini juga, kata Muhammad 70 persen kurma Arab Saudi, selebihnya, kurma Iran, Mesir Turki, Yaman, serta kurma dari California. Di Indonesia ini, bisnis kurma dapat dijadikan nilai tambah. Sebab masyarakatnya, yang mayoritas muslim. Karena itu, harus ada ekstra kesabaran dalam mengelola bisnis ini. Sementara untuk orang non-muslim, kedatanga mereka hanya memanfaatkan kurma sebagai khasiat untuk kesehatan.

Menurut Muhammad, dahulu, masyarakat datang ketika bulan puasa tiba, namun sekarang, mereka mampir hamper setiap hari. Masalah waktu keunggulan bisnis ini, Muhammad memaparkan, dua pekan sebelum puasa dan dua pekan berpuasa. ” Itulah waktu kita, tandanya.  Menyambuta bulan Ramadhan, Thamran mempersiapkan gift untuk masyarakat. Salah satunya Ajwa berisi tujuh buah, dengan harga Rp 40.000.

Di era globalisasi ini, Thamra tidak mau ketinggalan. Mereka menyiapkan thamramart.com, yaitu website untuk masyarakat yang ingin memesan produk secara online. Tidak hanya diam disitu saja, mereka juga bergerak. “ Kita begerjasama dengan Superindo, Yogya dan Indomart untuk prodak-prodak kita,” ungkap. Muhammad. Karenanya, kita mempersiapkan member kepada mereka, tegas Muhammad mengakhiri pembcaraannya. ( Fahad Thalib)

Selamat Berkunjunag dan menikmati