Said Alwaini: Tak Hanya Uang, Namun Kemanfaatan untuk Masyarakat

Spread the love

BataraNews.com, Jakarta– Kini, bisnis di Indonesia masih prospektif, apalagi ia lahir dari keluarga pengusaha yang melahirkan Binawan Corporate. Dengan akrabnya Said Saleh Alwaini, CEO Al Jazeerah Signature, menjelaskan kepada BataraNews.com, tentang latar belakang ia mengabdi pada perusahaan keluarga. Dan juga, bagamana mengatasi bisnis yang ada di Indonesia, kini dan ke depan berikut petikannya:

Dapat dijelaskan seputar bisnis Anda?

Ini merupakan family business. saya terjun untuk mensupor. Sebenarnya, seluruh keluarga-keluarga terlibat langsung namun kita membagi bagi. Dan saya kebetulaan di sektor restaurant, pendidikan, dan man power supply.

Dapatkah dijelaskan apa latar belakang yang menjadi konsen Anda di bidangnya ini?

Karena ini yang mendirikan ayah, maka kita mengambil peran. Landasan kita adalah bukan hanya uang tapi juga untuk masyarakat. Seperti RS itu ada karena manfaat lebih banyak untuk masyarakat.

Sudah berapa lama Anda berkecimbung di bidang ini?

Kalau saya terlibat langsung sekitar 4-5 tahun…

Bagaimana dengan potensi yang ada?

Sebenarnya, segala sesuatunya mudah ambil contoh restaurant, masyarakat kita sudah terbiasa dengan masakahn Timur Tengah, juga pendidikan walaupun dari regulasi pemerintah yang suka berubah-rubah. Karena setiap pergantian menteri akan merubah kurikulum yang ada. Sementara untuk tenaga kerja, sekarang ini imagenya masik kurang bagus, namun untungnya kita lebih berfokus pada tenaga kerja profesional seperi perawat, pramugari, insinyur, dll.

Dapat dijelaskan segi positif dan negatif untuk pengusaha mudah di Indonesia?

Menurut saya di luar negeri itu sebenarnya lebih nyaman untuk bekerja, sementara di Indonesia lebih enak untuk berbisnis. Karena di Indonesia, kesempatannya masih banyak. Selain itu, di Indonesia environment lebih. Sebaba SDM dan SDA juga banyak dan lebih penting untuk para pebisnis, disini harganya masih murah.

Dalam era globalisasi, bagaimana prospek bisnis menurut Anda dapat dimanfaatkan?

Kita harus dapat memanfaatkannya, kalau dahulu orang memasarka hanya lokal tapi sekarang sudah mendunia dengan jular-jalurnya

Sekarang ini, Anda lebih fokus…

Saya lebih fokus di man power supply.

Apa Anda juag memanfaat jalur IT yang telah tersedia?

Iyalah…contoh di Al Jazeera Signature, kita memanfaat itu, mulai dari facebook, instagram, pet, dll. Dan kita ada kerjasama dengan pihak go-jek yaitu go-resto.

Apakah terdapat kelemahan atau lebihan dalam hal ini pemerintah dalam menciptakan pengusaha-pengusaha muda?

Kita tidak ingin mendiskriditkan pemerintah, mungkin pemerintah tengah berusaha namun di negeri manapun birokrasi menjadi kendala.artinya pemerintah kurang fleksibel karena birksrasi. Namun pemerintah tengah mengupayakan. Karenanya pemerintah meluncurkan program TKI Mandiri. (Fahad Thalib)