BataraNews,com, Jakarta– PT Bank BTN (Persero) Tbk focus menyalurkan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) melalui berbagai skema. Hal ini untuk mendukung program satu juta rumah yang dicanangkan oleh pemerintah.

Direktur Utama Bank BTN Maryono mengatakan, hingga 31 Maret 2018 atau selama triwulan pertama, realisasi penyaluran kredit telah mencapai 37,1% dari total target dukung Bank BTN terhadap program satu juta rumah yang sebanyak 750.000 unit. Pihaknya sudah menyalurkan pinjaman perumahan sebesar Rp24,25 triliun untuk 278.262 unit rumah. “Hingga 31 Maret 2018, Bank BTN juga telah menyalurkan kredit perumahan untuk 278.262 unit rumah dengan nilai kredit sebesar Rp24,25 triliun,” ujarnya di Jakarta, Kamis (19/4).

Maryono melanjutkan, dari total jumlah tersebut, Rp5,36 triliun di antaranya adalah penyaluran untuk KPR subsidi. Sedangkan Rp4,27 triliun merupakan KPR non-subsidi. “Realisasi dukungan atas Program Satu Juta Rumah tersebut terdiri atas penyaluran KPR Subsidi sebanyak 44.407 unit senilai Rp5,36 triliun, KPR Non-Subsidi sebanyak 12.811 unit senilai Rp4,27 triliun,” jelasnya.

Selanjutnya, bank BTN juga telah menyalurkan Rp3,66 triliun untuk kredit konstruksi rumah subsidi. Sedangkan Rp10,96 triliun telah disalurkan oleh Bank BTN untuk rumah non-subsidi. “Kredit konstruksi untuk rumah subsidi kita sudah salurkan untuk 131.801 unit dan konstruksi untuk 89.244 unit,” ucapnya.

Untuk mengejar penyaluran kredit perumahan, pihaknya akan terus melakukan inovasi-inovasi khususnya pada bidang perumahan. Sehingga program satu juta rumah yang dicanangkan pemerintah bisa dengan lancar terlaksana. BTN pun menggelar berbagai langkah sebagai wujud dukungan atas kesuksesan implementasi Program Satu Juta Rumah.

Dukungan yang diberikan tidak hanya berupa penyaluran KPR tapi juga meningkatkan teknologi, memperkuat sumber pembiayaan, mendorong keterjangkauan, mendorong sisi ketersediaan rumah, serta bersinergi dengan stakeholder perumahan. “Ke depannya, kami terus berinovasi menciptakan ekosistem digital pembiayaan perumahan yang berkelanjutan untuk mendukung kesuksesan Program Satu Juta Rumah,” ucapnya.