Wow, E-commerce India Dapat Kucuran Dana 2 Triliun dari Alibaba

Spread the love

BataraNews.com – Anak usaha Alibaba menyuntikkan dana segar sebesar US$146 juta di perusahaan e-commerce India, Big Basket.

Nilai itu setara dengan Rp1,95 triliun. Reuters melansir Jumat (2/2/2018), Alibaba.com Singapore Ecommerce Pvt Ltd memimpin sekelompok investor yang membeli saham seri E sebesar US$196,7 juta di Big Basket.

Akuisisi saham itu telah disepakati oleh dewan komisaris Big Basket, yang bergerak di penjualan produk segar (grocery) secara online, pada Januari 2018.

Penjualan grocery secara online menikmati permintaan yang tinggi di India. Selain Big Basket, ada pula Grofers yang didukung oleh Sotfbank dan perwakilan Amazon di India yang berebut pangsa pasar di negara itu.

Selain anak usaha Alibaba, investor lain yang terlibat adalah Sands Capital Pvt Growth Ltd, International Finance Corp, dan Abraaj Basket I Pvt Ltd.

Big Basket didirikan pada 2011 dan berbasis di Bengaluru. Jumlah pelanggannya sudah mencapai 6 juta orang yang tersebar di 26 kota.

Alibaba juga berinvestasi di berbagai sektor lain di India, termasuk pengelola operator pembayaran mobile Paytm.(bisnis.com)