Gempa Bumi Jawa Barat Tengah Malam tadi berpotensi Tsunami, Warga Mengungsi

Spread the love

BataraNews.com РJumat, 15 Desember 2017, tengah malam tadi, gempa bumi tektonik mengguncang wilayah Jawa Barat. Seperti diketahui, gempa 6,9 SR terjadi pada Jumat, 15 Desember 2017 pukul 23.47 WIB. Lokasi gempa terjadi di 7,75 Lintang Selatan (LS) dan 108,11 Bujur Timur (BT) atau 11 Km barat daya Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat dengan kedalaman 107 KM.

Beberapa daerah yang terdampak gempa terdapat di Kabupaten Pangandaran, Tasikmalaya, Ciamis, Kota Banjar, Garut, Cilacap, Kebumen, Kota Pekalongan, Banyumas, Brebes dan Banjarnegara.
Namun yang terdampak guncangan keras dan banyak merusak bangunan adalah di Kabupaten Tasikmalaya, Pangandaran dan Ciamis.

Sementara itu pascagempa yang melanda wilayah Kabupaten Garut, satu rumah di Kecamatan Cikajang dilaporkan rusak.

Camat Cikajang, Rahmat menuturkan satu rumah yang dilaporkan rusak yakni milik Ujang, warga Kampung Sukatambah, RT 4/4, Desa Cipangramatan. Pihaknya masih melakukan pemeriksaan pascagempa.

“Ada satu yang rusak. Kami masih cek ke setiap lokasi,” ujar Rahmat melalui pesan singkat.

Kasatpolairud Polres Garut, AKP Tri Andri menuturkan begitu gempa terjadi, warga langsung berhamburan keluar rumah.

“Gempanya sangat terasa sekali. Warga langsung keluar dan menuju tempat evakuasi yang telah ditentukan,” kata Tri melalui pesan singkat, Sabtu(16/12/2017).