azki Jun 18, 2017

BataraNews.com – Ada yang berbeda pada I’tikaf Tahun ini di Masjid Istiqlal. Masjid yang sudah menjadi kebanggan umat Islam di Indonesia ini biasa rutin mengadakan I’tikaf setiap bulan Ramadhan. Namun pada penyelenggaraan I’tikaf tahun ini, Masjid Istiqlal tidak menyediakan hidangan sahur bagi para peserta I’tikaf di masjid Istiqlal.

Pengurus Masjid Istiqlal kali ini tidak menyediakan hidangan sahur untuk para jamaah lantaran tahun ini tidak ada bantuan dari pemerintah dan hanya mengandalkan swadaya dari masyarakat.

“Tahun yang lalu kan biasanya disediakan 1.000 per malam. Nah tahun ini enggak,” ujar Kepala Bagian Protokol dan Humas Masjid Istiqlal, Abu Hurairah Abd Salam seperti dilansir Republika.co.id, Sabtu (17/6).

Ia menuturkan, pada setiap sepuluh hari terakhir Ramadhan Masjid Istiqlal selalu menggelar shalat malam berjamaah yang dimulai dari pukul 01.00 WIB. Sebelum melaksanakan ibadah tersebut, Imam Besar Masjid Prof Nasaruddin Umar memberikan tausyiah kepada jamaah.

“Kami sudah mengadakan Qiyamul Lail sejak malam ke-21 kemarin. Itu mulainya dari jam satu pagi didahului dengan tausyiah Imam Besar,” ucapnya.

Kondisi ini tentunya sangat miris sekali,  seakan menjadi gambaran kesekian kalinya ketidak-pedulian pemerintah sekarang dengan kegiatan-kegiatan umat Islam saat ini.(azk)