azki Des 30, 2016

Setiap orang perlu refreshing atau berwisata. Apalagi yang hidup di kota-kota seperti Jakarta. Mereka sudah menjadikan wisata menjadi salah satu kebutuhan yang wajib setiap tahunnya. Hal ini karena padatnya jadwal kerja sehingga memerlukan waktu sejenak untuk berisitrahat memulihkan tenaga dan mengumpulkan energi yang baru. Namun kegiatan berwisata ini bisa sangat bermanfaat dan tidak membebani jika ada aturan mainnya. Ikuti beberapa tips bermanfaat ini sebelum kamu berwisata.

1. Cek berapa isi kantong

Mimpi bisa berjalan-jalan kemana saja itu adalah impian banyak orang, namun kita juga harus bisa mengukur kemampuan kantong yang dimiliki. Tidaklah bijak setelah liburan berakhir kita justru dibebani dengan hutang yang banyak. Bagi yang memiliki hoby traveling menyisihkan sebagian penghasilannya khusus untuk hobynya traveling itu akan lebih baik. Hal ini karena bisa lebih puas saat traveling.

Berbelanja adalah aktivitas yangt idak dapat dihindari saat traveling, jadi berbelanjalah dengan bijak. Jika tidak ada uang lebih lebih baik tidak perlu membeli oleh-oleh atau souvenir dari tempat wisata kita itu. Atau dari awal berwisata kita sudah menyisihkan sebagian uang untuk oleh-oleh.

2. Waktu yang dimiliki

Jika waktu yang kita miliki tidak terlalu lama sebaiknya berwisata ke tempat yang lebih mudah di jangkau saja atau yang memiliki waktu tempuh lebih pendek, bisa hanya di dalam kota. Didalam kota jakarta juga banyak tempat wisata nasional diantaranya: Monas, Ragunan, Taman Impian Jaya Ancol, Taman Mangrove, kota tua dan lain sebagainya. Karena tujuan wisata adalah menyenangkan diri jadi tidak perlu membebani dengan memaksakan bepergian jauh dengan waktu yang sedikit.

3. Wisata dengan siapa saja

Jika kita berwisata sendiri, bersama teman atau bersama keluarga tentu tujuan wisatanya akan berbeda. Hal ini agar wisata dapat dinikmati semua orang yang ikut. Jika kita hanya berwisata sendiri bisa bebas menentukan temu wisata dari yang extrim sampai yang sangat santai.

Jika kita berwisata bersama teman, sebaiknya terlebih dahulu dimusyawarahkan kemana tujannya. Jangan sampai hanya sebagian saja yang menikmati tapi yang lain hanya diam dan sedih. Bukan sebuah keakraban yang bertambah tapi malah mungkin memcahkan hubungan pertemanan, tentu tidak mau kan?

Lain hal jika kita pergi berwisata bersama keluarga, kita harus mencari tempat yang bisa dinikmati berbagai umur. Karena di dalam keluarga ada rentang umur yang berbeda jauh, dari tua sampai anak-anak. Jika kita mendapatkan tempat seperti ini tentu sangat menyenangkan. Tetapi lebih sering yang tua harus lebih menikmati melihat anak-anak menikmati wisatanya. Biasanya kesenangan anak-anak adalah kesenangan orangtua juga. Quality time antara orangtua dan anak bisa berjalan dengan bahagia.

4. Cek Kesehatan

Sebelum jalan-jalan jangan lupa periksa kesehatan terlebih dahulu. Menentukan tempat wisata juga harus sesuai dengan kesehatan. Walaupun memiliki uang yang banyak belum tentu bisa menikmati banyak hal. Jangan sampai orang yang memiliki potensi kesehatan yang buruk melakukan wisata dengan perjalanan jauh ataupun extrem, hal ini bisa menyebakan kondisi kesehatan menjadi lebih buruk lagi.

Demikianlah beberapa tips yang perlu diperhatikan saat harus memutuskan hendak kemana wisata akan dituju. Sehingga tujuan dari wisata tersebut dapat terwujud.(azk)