BataraNews.com – Bakal cagub DKI Anies Baswedan dikenal sebagai tokoh pendidikan, setidaknya karena mengagas Indonesia mengajar dan baru menjabat sebagai menteri pendidikan dan kebudayaan.

Dalam program prioritas, tidak ada sasaran untuk pendidikan yang spesifik. Program yang ada adalah: (1) Pemberdayaan dan pelibatan warga, (2) Tata kelola birokrasi yang efektif, meritokatis dan berintegritas, (3) Peningkatan kesejahteraan dan keadilan sosial, (4) Perbaikan lingkungan hidup dan tata ruang Jakarta.

Visi, misi dan program Anies-Sandiaga yang hanya dituangkan dalam 3 halaman itu memang tak merinci program spesifik untuk Jakarta 5 tahun ke depan. Anies menyebut bahwa program detailnya masih disimpan untuk dibuka setelah penetapan pasangan calon 24 Oktober.

“Jangan seakan-akan kita sudah calon, sebagian rencana itu ada tahapannya. Kalau semua sudah selesai sekarang, publik tak akan ingat satu-satu. Kita ingin bertahap,” ucap Anies kepada detikcom, Kamis (13/10/2016)

Ditegaskan oleh Pakar dan praktisi pendidikan Arief Rachman , menurut Arief, Anies memiliki keunggulan di bidang pembangunan pendidikan.

Hal tersebut dinilai dapat menjadi program unggulan Anies-Sandiaga untuk warga Jakarta.

“Ya kalau soal program pendidikan, Anies memang harus lebih unggul,” ujar Arief kepada Kompas.com saat ditemui di Museum Nasional, Jakarta Pusat, Minggu (2/10/2016).

Atas dasar itu pula, dia yakin Anies adalah sosok yang tepat untuk memimpin Ibu Kota dibandingkan dua pasangan lainnya.(fir)