Begini Cara mendapatkan sertifikasi dari BPOM dan Halal dari MUI

Spread the love

Bataranews.com – Kita harus pintar memilah dan memilih produk yang kita gunakan atau konsumsi, cek apakah ada label dari BPOM dan halal dari MUI. Untuk meyakinkan kita bahwa produk-produk yang kita gunakan dan konsumsi aman serta layak pakai dan layak guna. Jangan lupakan cek tanggal produk sat dibuat dan dikemas serta cek tanggal kadarluawarsa.

Sebagai Badan Pengawasan Obat dan Makanan, memiliki tugas yang berdasarkan Pasal 67 Keputusan Presiden Nomor 103 Tahun 2001, fungsi berdasarkan Pasal 68 Keputusan Presiden Nomor 103 Tahun 2001 dan kewenangan yang berdasarkan Pasal 69 Keputusan Presiden Nomor 103 Tahun 2001. Melaksanakan tugas pemerintah dibidang pengawasan obat, makanan dan minuman, serta kosmetika yang beredar diseluruh wilayah NKRI. Baik produk dalam negri maupun luar negri. Salah satu fungsinya adalah melakukan pemeriksaan secara laboratorium, pengujian dan penilaian mutu produk terapetik, narkotika, psikotropika zat adiktif, obat tradisional, kosmetik, produk komplemen, pangan dan bahan berbahaya. Dan memiliki kewenangan memberikan izin dan pengawasan peredaran Obat, makanan dan minuman, serta kosmetika yang akan diedarkan ke konsumen.

Sedangkan sertifikat halal yang diberikan oleh MUI adalah fatwa tertulis yang dikeluarkan oleh MUI melalui keputusan sidang Komisi Fatwa yang menyatakan kehalalan suatu produk berdasarkan proses audit yang dilakukan oleh LPPOM MUI. Fatwa adalah ketetapan hukum Islam yang dikeluarkan oleh Komisi Fatwa tentang status hukum suatu produk tertentu. Berbeda denga BPOM sertifikat halal yang diberikan oleh MUI untuk memberikan rasa aman dan nyaman untuk setiap muslim yang mengunakan dan mengkonsumsi suatu produk. Sertifikat halal diberikan kepada industri pengolahan (pangan, obat, kosmetika), Rumah Potong Hewan (RPH), restoran, katering, dapur, maka harus memenuhi persyaratan sertifikasi halal. Mulai Bulan Juli 2012, pendaftaran Sertifikasi Halal hanya bisa dilakukan secara online melalui website LPPOMMUI www.halalmui.org pada kolom Layanan Sertifikasi Online Cerol-SS23000 atau langsung melalui alamat website: www.e-lppommui.org

Berikut Proses sertifikasi halal dalam bentuk diagram alir.

flow-chart-sh-indonesia-maret-2013