Tips Sehat Berpuasa, Jangan Langsung Tidur Setelah Makan Sahur

Spread the love

BataraNews.com – Berpuasa selain dapat meningkatkan ketakwaan bagi yang berpuasa, dapat juga meningkatkan kesehatan tubuh. Namun, jika pola makan selama menjalankan puasa tidak diatur bisa-bisa malah berefek buruk pada kesehatan juga lho.

Contoh pola makan selama menjalankan puasa yang bisa berefek buruk adalah langsung tidur setelah makan sahur. Menurut penelitian medis juga menyimpulkan bahwa langsung tidur setelah makan dapat mengganggu kesehatan tubuh jika dilakukan terus-menerus.

Berikut ini kita dapat melihat proses makanan yang masuk ke dalam tubuh saat kita langsung tidur setelah makan.

  1. Ketika tidur semua organ dalam tubuh akan melambat metabolismenya, seperti usus dan lambung akan lambat dalam mencerna makanan, akibatnya makanan tidak tercerna dengan sempurna.
  2. Makanan yang tidak tercerna dengan sempurna akan di “makan” oleh bakteri buruk . Jumlah bakteri buruk di lambung dan di usus menjadi dominan, dimana sifat bakteri ini adalah anaerob (miskin oksigen) sehingga hasil metabolisme bakteri akan bersifat asam.
  3. Bakteri akan menghasilkan zat asam nitrit yang bersifat sangat asam. Asam nitrit ini akan meningkatkan derajat keasaman tubuh akibatnya :
    – Derajat keasaman tubuh meningkat drastis akan membebani sistem metabolisme tubuh,
    – Asam nitrit sangat beracun untuk liver anda.
  4. Liver akan bekerja keras melawan racun, Sel darah putih akan gencar diproduksi untuk melawan bakteri jahat tadi dan akibatnya tubuh akan bekerja keras hanya untuk menghilangkan racun.
  5. Akibat makanan yang tidak tercerna akan menjadi busuk dalam usus dan lambung anda dan akan terjadi penumpukan gas racun amonia dalam tubuh anda.

Dari proses di atas tadi apabila menjadi kebiasaan maka akan memicu terjadinya hal-hal sebagai berikut :

  1. Rusaknya Liver
  2. berkembangnya bakteri jahat dalam tubuh
  3. Berkembangnya sel kanker

Kita dapat mencegah Pola makan sahur yang tidak sehat dengan berbagai cara berikut ini :

  1. Usahakan makan sahur di akhir waktu menjelang imsak agar kita dapat sekalian mengerjakan shalat subuh dan aktivitas-aktivitas lainnya.
  2. Bila kita makan sahurnya terlalu dini, usahakan jangan langsung tidur dulu, tahan kantuk anda hingga 1-2 jam kedepan agar proses pencernaan dalam tubuh terjadi sempurna.