Spread the love

BataraNews – Aceh. Penemuan Ladang emas baru di Nagan Raya Aceh seluas 800 hektar telah membuat harapan baru bagi warga sekitar. Penemuan ladang emas baru ini membuat warga sekitar berbondong-bondong mencari emas dengan berbagai cara.

Dari cara tradisional dengan menggunakan peralatan sederhana sampai dengan membawa peralatan berat mereka lakukan. Namun, proses pemisahannya sederhana yaitu cukup dengan memisahkan antara tanah dan emas saja.

Pencarian emas besar-besaran di sekitar ladang tersebut diawali oleh keberhasilan penambang emas yang telah mengumpulkan emas sebanyak 2 kilogram.

Si penambang emas tersebut, Agus Salim, awalnya hanya mencoba peruntungan dengan mencoba menambang emas di lahan bekas pertambangan emas yang sudah tidak aktif lagi.

Dari usahanya tersebut dia berhasil mengumpulkan emas sebanyak 2 kilogram dan mulailah cerita keberhasilannya tersebar dari mulut ke mulut hingga akhirnya warga sekitar berbondong-bondong meniru peruntungan seperti Agus Salim.

Namun penambangan emas yang besar-besaran ini mulai menunjukan gejala kerusakan alam. Jika diteruskan akan merusak alam sekitarnya. sampai saat ini pemerintah setempat belum memberikan reaksi apa-apa terhadap aktivitas penambangan tersebut.