Inilah 3 Tipe Manusia yang Pertama kali Masuk Neraka

Spread the love

BataraNews.com – Tangisannya mulai mereda dan ia mulai kembali sadar kemudian berkata,” Baiklah,akan aku ceritakan sebuah hadits yang telah disampaikan Rasulullah Saw kepadaku. Saat itu aku dan beliau Saw ada di rumah ini, tidak ada orang selain aku dan beliau.”

Abu Hurairah R.a kembali terisak dengan isakan yang sangat keras kemudian tersungkur pada wajahnya, lalu bersandar lama, kemudian tersadar lagi dan mengatakan bahwa Rasulullah Saw telah bercerita :

Sesungguhnya pada hari kiamat, Allah Swt akan turun kepada hamba-hamba-Nya untuk mengadili mereka. Semua umat berlutut pada waktu itu. Orang yang pertama kali dipanggil ialah seorang yang rajin membaca Al Qur’an, orang yang mati di jalan Allah dan orang yang banyak harta.

Allah Swt berfirman kepada si pembaca Al Qur’an,”Bukankah telah Aku ajarkan kepadamu apa-apa yang Aku turunkan kepada rasul-Ku ?” ia menjawab,”Benar, Wahai Rabbku.”

Allah berfirman,”Lantas apa yang telah kau lakukan dengan apa yang engkau ketahui ?”

Ia menjawab,” Aku mengamalkan sepanjang siang dan malam.”

Allah Swt menyanggahnya,”Engkau bohong.”

Para malaikat juga berkata,”Engkau dusta.”

Kemudian Allah berfirman kepadanya,”Engkau membacanya semata-mata hanya ingin dijuluki sebagai Qori’ ( Orang yang pandai membaca Al Qur’an) , dan itu sudah dikatakan orang-orang kepadamu.”

Selanjutnya dihadapkanlah si hartawan. Allah Swt berfirman kepadanya,” Bukankah telah Aku luaskan rezeki untukmu, sehingga Aku tidak membiarkanmu membutuhkan orang lain lagi ?”

Ia menjawab,” Benar, wahai Rabbku .”

Allah berfirman,”Lantas apa yang telah engkau lakukan dengan rezeki yang Aku berikan kepadamu?”

Ia menjawab,”aku bersilaturahim dan bersedekah.”

Allah Swt  menyanggahnya, “ Engkau bohong.”

Para malaikat juga berkata,”Engkau bohong.”

Kemudian Allah berfirman kepadanya,” Engkau hanya ingin dijuluki sebagai dermawan, dan itu sudah dikatakan orang-orang kepadamu.”

Selanjutnya orang yang telah terbunuh dalam jihad fi sabilillah pun dihadapkan.

Allah Swt berfirman,” Mengapa engkau terbunuh?”

Ia menjawab,” aku telah diperintahkan untuk berjihad di jalan-Mu , maka aku pun berperang dan aku terbunuh.”

Allah menyanggahnya,” engkau bohong.”

Para malaikat juga berkata,”Engkau bohong.”

Kemudian Allah berfirman kepadanya,” Engkau hanya ingin dikatakan si pemberani dan itu sudah dikatakan orang-orang kepadamu.”

Kemudian Rasulullah menepuk kedua bahu Abu Hurairah seraya bersabda,” Wahai Abu Hurairah, mereka bertiga adalah makhluk Allah yang pertama kali dijilat api neraka pada hari kiamat.”

Demi mendengar Hadits ini, Muawiyah, sang pembesar pada waktu itu, menangis terisak-isak sampai hampir tak sadarkan diri dan bergumam pada dirinya sendiri,”Jika mereka saja diperlakukan seperti itu, lantas bagaimana dengan manusia yang lain?” Kemudian melanjutkan, Maha Benar Allah yang telah berfirman,” Barang siapa yang menghendaki kehidupan dunia dan perhiasannya, niscaya Kami berikan kepada mereka balasan pekerjaan mereka di dunia dengan sempurna dan mereka di dunia itu tidak akan dirugikan. Itulah orang-orang yang tidak memperoleh di akhirat kecuali neraka dan lenyaplah di akhirat itu apa yang mereka usahakan di dunia dan sia-sia lah apa yang mereka kerjakan (qs: Huud :15-16)