BataraNews.com – Pengamat ekonomi, Faisal Basri, mencurigai adanya perang kepentingan dalam pembuatan proyek kereta cepat. Menurut dia, seharusnya dalam pembuatan kereta api, Kementerian Badan Usaha Milik Negara melibatkan PT Kereta Api Indonesia.

Selain itu, dia beranggapan bahwa hal ini adalah bagian dari tanggung jawab Kementerian Perhubungan. “Ada keanehan-keanehan yang harus disingkap supaya jelas,” kata Faisal di Jakarta, Jumat, 22 Januari 2016.

Menurut Faisal, pada prinsipnya kereta cepat itu ditujukan untuk penumpang. Menurut dia, penempatan di Gedebage tidak cocok. Pasalnya jarak dari Gedebage ke pusat Kota Bandung itu 1,5 jam. “Ada hal-hal rasional yang susah diterima dengan akal sehat,” ujarnya.

Dampak ekonomi dari kereta cepat ini juga dipertanyakan. Menurut Faisal, saat ini kondisi perekonomian Cina tengah melemah. Hal ini menyebabkan adanya kelebihan kapasitas di industri.

Faisal mengatakan para pengusaha di Cina tengah berusaha untuk menyalurkan kelebihan kapasitasnya. “Jangan mau jadi tempat sampahnya Tiongkok,” ucapnya.

Muncul tagar #PapaMintaCepat

Terlepas dari kecurigaan Faisal Basri terkait proyek Kereta Cepat yang diduga ada perang kepentingan, di media sosial Twitter muncul hashtag #PapaMintaCepat. tagar tersebut masuk “Tranding Topic”.

Berdasarkan penelusuran, para Netizen mengungkap proyek “Kereta Cepat” tersebut terkesan terburu-buru. Diawali dari kicauan Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza mahendra. Yusril mengkritisi prasasti yang ditandatangani Presiden Jokowi tampak aneh.

Ia berdalih layaknya prasasti, nama tempat dan tanggal diletakan sebelum tandatangan, tetapi berbeda dengan yang tampak dalam gambar yang diunggah oleh Yusril dalam kicauannya.

Prasasti“Proyek grasa-grusu, tulisan di prasastipun terlihat aneh. Nama tempat & tanggal lazimnya diletakkan sblm tandatangan,” kicau Yusril melalui akun @Yusrilihza_Mhd.

Kicaun Yusril ditanggapi oleh Netizen lain dengan dibubuhi hastag #PapaMintaCepat.

“Bkn saya tidak setuju pembangunan kr cepat Bandung Jkrt.tpi @Jokowi mikir donk mana yang di butuhkan rakyat. #PapaMintaCepat,” kicau akun @Antoxs08.

“Ada hestek #PapaMintaCepat , apa karena respon netizen yg melihat pemerintah selalu terburu2 mengeksekusi proyek2 infrastruktur ya …,” kicau @aditnamasaya.