BataraNews.com – Jika kalian melihatnya, mungkin mengira sosok yang satu ini bagian dari personel One Direction dengan rambut dan gayanya. Tetapi bukan, dia adalah Harris J (18). Penyanyi Inggris yang bernaung di label Awakening Records, sebuah perusahaan Inggris yang khusus memproduksi musik Islami.

Harris J bernaung dilabel rekaman tersebut setelah dirinya memenangkan kontes bernyanyi pada 2013. Sepanjang karirnya, Harris J memutuskan untuk menciptakan musik yang mengekspresikan iman Islamnya.

Bahkan dia mengaku akan menggunakan musik sebagai alat untuk melawan kekeliruan keimanan pada Islam sekaligus sebagai media dakwahnya.

Debut album Harris J, “Salam” (bahasa Arab untuk “perdamaian”) dirilis bulan lalu (Agustus 2015), dengan single “Assalamu Alaikum,” telah mencapai lebih dari tiga juta viewers di YouTube.

Berikut wawancara Harris J tentang perjalanan karir musiknya, seperti dikutip dari npr.org.

Mengapa berpaling dari pop mainstream?

“Aku hanya ingin membuat musik yang belum tentu berbicara tentang narkoba dan hal-hal seperti itu, tapi berbicara tentang hal-hal yang sehat secara moral dan hal-hal yang orang bisa mendapatkan manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Saya selalu ingin untuk membuat perubahan dalam musik yang orang, sebagian besar remaja, mendengarkan saat ini.”

Apa Islam berarti bagi mereka?

“Ini sesuatu yang saya ikuti dari hari ke hari dalam hidup saya. Saya berdoa agar semua orang tahu Islam dapat digambarkan sebagai agama murni dan sepenuhnya mengajarkan tentang perdamaian. Setiap kali aku dalam kesulitan, ketika Aku punya sesuatu yang dikhawatirkan tentang saya beralih ke agama saya. Ini adalah sumber kenyamanan bagi saya. Ini adalah faktor yang sangat penting dalam hidup saya.”

Pesan apa yang ingin dibawa untuk pendengar musik?

“Pesan saya kepada dunia adalah murni hanya untuk menunjukkan idealisme tersembunyi yang benar dan keyakinan agama kita. Saya mencoba untuk menunjukkan kepada mereka itu bukan apa yang mereka lihat setiap hari di berita. Ini adalah agama damai dan cinta. Saya ingin membuat perbedaan positif. “

Update: Biren Muhammad