BataraNews.com – Mantan Presiden RI Ke 6 Susilo Bambang Yudhoyono mendadak bicara soal isu kudeta militer terhadap Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam acara bedah buku di Kantor Centre for Strategic and International Studies (CSIS), Jakarta Pusat, Senin (29/9).

Dalam acara itu, Ketua Umum Partai Demokrat itu secara tiba-tiba mengatakan bahwa dirinya mengecam keras jika ada isu kudeta militer yang berhembus di kalangan TNI terhadap penguasa saat ini. Tak hanya itu, SBY bahkan mengaku siap pasang badan jika betul ada kudeta militer.

“Kalau ada pemikiran militer melakukan kudeta sekarang ini saya yang paling depan katakan menolak, tidak setuju,” kata SBY.

Dengan mimik serius, SBY menegaskan dan mengingatkan kembali pada publik, bahwa dirinya merupakan pensiunan TNI yang siap berseberangan melawan pihak-pihak yang prokudeta.

Dalam kesempatan itu pula, SBY menyarankan agar pimpinan TNI bisa menyampaikan pendapat ke Presiden sesuai mekanisme yang ada.

“Kudeta bukan cara elok dalam demokrasi. Ada mekanisme, presiden punya ruang komunikasi dengan panglima dan Kapolri. Sampaikan dengan jelas. Kalau kudeta, demokrasi kita akan tercoreng,” tandas SBY.